RPP Berdiferensiasi, Profil Pelajar Pancasila, 4 C, Beserta Lampiran penilaian Materi Karakteristik Negara ASEAN, Kelas 8 Semester Gasal

 

Berikut ini merupakan contoh RPP beserta lampiran penilaian materi KARAKTERISTIK NEGARA ASEAN dengan PENILAIAN KETERAMPILAN "CATATAN ESTETIK". RPP ini merupakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dari hasil karya dan materi pada postingan Catatan Estetik tentang Karakteristik Negara-Negara ASEAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah             : XXX

Mata Pelajaran  : IPS

Kelas/Semester   :  VIII ( Delapan )/Gasal

Alokasi Waktu : 2 x 40  menit (2 x Pertemuan)

Materi Pokok     :   Karakteristik Negara-Negara ASEAN


KOMPETENSI  DASAR

3.1.Memahami perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan negara-negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan manusia (teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya, politik

4.1.Menyajikan hasil telaah tentang perubahan keruangan dan interaksi antar ruang di Indonesia dan negara-negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan manusia (teknologi,ekonomi,pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya, politik.

 

     

TUJUAN PEMBELAJARAN  

1.      Melalui tayangan video/ membaca buku/ membaca artikel tentang karakteristik negara ASEAN, peserta didik mampu membuat catatan estetik tentang potensi alam, dan potensi budaya, serta cara melestarikannya secara tepat. mampu bernalar kritis, berkolaborasi, bergotong royong dan melakukan tugas mandiri (Profil Pelajar Pancasila)


Tujuan Pembelajaran Inklusi:

1.      Setelah melaksanakan pembelajaran online melalui tayangan video/ membaca buku/ membaca artikel tentang karakteristik negara ASEAN, peserta didik mampu membuat catatan estetik tentang potensi alam, dan potensi budaya, serta cara melestarikannya secara tepat. mampu bernalar kritis, berkolaborasi, bergotong royong dan melakukan tugas mandiri (Profil Pelajar Pancasila)

 

Metode/Model :

·         Online Learning

·         Diskusi dan Tanya jawab

 

Media dan Alat

Ø Media                      : Grup WA, Google Classroom

Ø Alat                          : Android, Komputer, LCD Projector

 

Sumber Belajar

Ø Buku Paket IPS Kemendikbud RI 2017

Ø Internet

               Sumber Artikel

Sumber Buku

Sumber Video

https://www.kompas.com/skola/read/2020/06/18/200000669/faktor-ketersediaan-sumber-daya-alam-di-negara-asean#page2

Buku IPS Kemendikbud 2017 halaman 7 - 43

https://youtu.be/Y0mwPaIHFpg

a. Pendahuluan (10 menit)

·         Guru membuka WA-GC 15 menit sebelum waktu daring yang telah ditentukan

·         Guru memulai pembelajaran PTM dan daring via Gmeet dengan mengucapkan salam dan mengajak peserta didik untuk berdoa sebelum memulai belajar (Profil Pelajar Pancasila)

·         Guru mengingatkan peserta didik untuk menyiapkan perlengkapan belajar yang diperlukan

·         Guru melakukan presensi kehadiran

·         Guru mempersilahkan peserta didik untuk bertanya melalui GCR atau WA PJJ apabila ada kesulitan belajar

·         Guru meminta peserta didik aktif dan mengikuti kegiatan belajar daring sesuai waktu yang tersedia

·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai

b. Kegiatan Inti (40 menit)

Deferensiasi Konten/ Materi

·         Peserta didik membaca artikel/ membaca buku/ melihat tayangan video tentang Karakteristik Negara ASEAN

Critical Thinking

·         Peserta didik menganalisis isi artikel/ gambar/ video tentang Karakteristik Negara ASEAN

Collaboration

Peserta didik bersama guru melakukan tanya jawab/ diskusi membahas isi artikel/ buku/ video tentang Karakteristik Negara ASEAN

Deferensiasi Proses

·          Untuk peserta didik yang belum dapat menjelaskan apa itu Karakteristik Negara ASEAN dengan tepat, guru meminta peserta didik membaca artikel/ membaca buku/ melihat tayangan video lagi. Dilengkapi dengan sumber lain dengan membaca buku paket IPS.

·         Untuk peserta didik yang kurang dapat menjelaskan apa itu Karakteristik Negara ASEAN dan dikaitkan dengan potensi alam dan budaya masing-masing negara ASEAN, guru meminta peserta didik untuk mencari dari sumber lain di internet tentang Potensi negara ASEAN berupa potensi alam dan budaya

·         Untuk peserta didik yang mudah memahami Karakteristik Negara ASEAN beserta dikaitkan dengan potensi alam dan budaya masing-masing negara ASEAN, peserta didik didorong untuk bisa menganalisis berbagai potensi alam dan budaya negara ASEAN dan cara melestarikan potensi tersebut

Berpikir tingkat tinggi (HOTS)

·         Guru memberikan rangsangan berupa pertanyaan

-          Masing-masing negara di ASEAN memiliki banyak perbedaan. Misalnya, dari letak wilayah. Negara Indonesia wilayahnya dikelilingi oleh lautan, maka salah satu potensi alam yang dimiliki Indonesia berupa hasil laut yang melimpah. Berbeda dengan negara Laos yang tidak memiliki lautan. Lalu bagaimana dengan negara ASEAN yang lain?

·         Peserta didik diminta memberikan contoh lain dari potensi alam dan budaya negara-negara ASEAN

·         Peserta didik menganalisis masing-masing potensi alam dan budaya negara ASEAN, dapat melalui kegiatan perekonomian, iklimnya, bentang alam, letak wilayah, kegiatan pekonomiannya.

·         Dengan menganalisis karakteristik tersebut (kegiatan perekonomian, iklimnya, bentang alam, letak wilayah, kegiatan pekonomian), peserta didik dapat menemukan potensi alam dan potensi budaya masing-masing negara ASEAN.

Creativity and innovation

·         Peserta didik membuat “Catatan Estetik” masing-masing negara ASEAN berupa rangkuman potensi alam, dan cara melestarikan potensi alam tersebut. Serta potensi budaya dan cara melestarikan budaya tersebut.

Communication

·         Peserta didik melalukan presentasi singkat hasil catatan estetik tentang Karakteristik Negara-Negara ASEAN

 

c. Kegiatan Penutup (10 menit)

·     Guru melaksanakan umpan balik

·     Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

·     Guru menutup pembelajaran daring dengan mengucapkan salam.

 

 

PENILAIAN

Penilaian Sikap                     : Observasi/Jurnal; penilaian diri

Penilaian Keterampilan        : Produk

 

 

 

 

 

Mengetahui,

 

Semarang,              20XX

Kepala SMP XXX

 

Guru Mata Pelajaran


 


 

 

 

 

 

XXX

 

XXX




 Lampiran Penilaian

 

1. Penilaian sikap

Ø Jurnal penilaian sikap dari sekolah

 

Ø Penilaian Diri

 

Nama                    :

Kelas/Semester     : VIII/ Gasal

No

Pernyataan

Ya

Tidak

1

Saya selalu berdoa sebelum melakukan aktivitas.

2

Saya sholat lima waktu/beribadah tepat waktu.

3

Saya tidak mengganggu teman saya yang beragama lain berdoa sesuai agamanya

4

Saya berani mengakui kesalahan saya.

5

Saya menyelesaikan tugas-tugas tepat waktu.

6

Saya berani menerima resiko atas tindakan yang saya lakukan.

7

Saya mengembalikan barang yang saya pinjam.

8

Saya meminta maaf jika saya melakukan kesalahan.

9

Saya melakukan praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan.

10

Saya mengikuti kelas pembelajaran daring tepat waktu.

 

Petunjuk : Berilah tanda centang(√) pada kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya

 

2. Penilaian Keterampilan (Produk)

Soal

No.

Soal

Jawaban

1.

Masing-masing negara di ASEAN memiliki banyak perbedaan. Misalnya, dari letak wilayah. Negara Indonesia wilayahnya dikelilingi oleh lautan, maka salah satu potensi alam yang dimiliki Indonesia berupa hasil laut yang melimpah. Berbeda dengan negara Laos yang tidak memiliki lautan. Lalu bagaimana dengan negara ASEAN yang lain?

Masing-masing potensi alam dan budaya negara ASEAN dapat kita ketahui melalui kegiatan perekonomian, iklimnya, bentang alam, letak wilayah, kegiatan pekonomiannya.

 

a.    Bagaimana potensi alam dari 10 negara ASEAN?

b.    Bagaimana cara melestarikan potensi alam tersebut?

c.    Bagaimana potensi budaya dari 10 negara ASEAN?

d.    Bagaimana cara melestarikan potensi budaya tersebut?

 

1.         INDONESIA

 

 

 

 


*       Potensi alam Negara Indonesia

·      Hutan

·      Laut

·      Minyak bumi

·      Batu bara

·      Gas alam

Potensi sumber daya alam di Indonesia sangat besar. Indonesia memiliki hutan yang sangat luas, berbagai macam sumber daya mineral baik gas bumi juga sangat besar. Indonesia merupakan negara yang memiliki wilayah laut sangat luas juga memiliki sumber daya alam perikanan yang sangat melimpah. Potensi sumber daya alam Indonesia adalah tanahnya yang subur, hal ini didukung oleh letak Indonesia yang berada di garis deretan gunung berapi aktif.


        Cara melestarikan potensi alam di Indonesia

·       Penanaman kembali hutan-hutan yang gundul.

·       Menjaga kebersihan lingkungan.

·       Membuat terasering pada pertanian di pegunungan.

 

 

Budaya Negara Indonesia

·      Bambu Angklung.

alat musik berasal dari Jawa Barat ini mendapat pengakuan dari UNESCO.

·      Seni Wayang.

Warisan budaya wayang, ternyata sudah dimasukkan dalam UNESCO sejak tahun 2003.

·      Batik.

Kain yang meliputi berbagai corak yang menawan dan menarik ini, ternyata masuk ke dalam daftar UNESCO. Warisan leluhur sejak dahulu kala, kini makin mencuat namanya.

·      Gamelan.

Di New Zealand School of Music, gamelan ini bahkan dijadikan kurikulum tetap disana. Di Amerika Serikat pun memajang satu set gamelan di salah satu ruang pameran museum musik.

·      Tari Saman

Tarian yang menampilkan gerak tepuk tangan dan gerakan lainnya yang dibawakan oleh banyak orang ini diakui masuk dalam daftar warisan budaya UNESCO. Biasanya tarian ini digelarkan untuk merayakan peristiwa penting dalam adat suatu daerah setempat.

 

Cara melestarikan budaya di Indonesia

·      Mempelajari Budaya Lokal

·      Mengikuti Kegiatan Budaya Asal

·      Mengenalkan Produk Budaya Ke Kancah Internasional

 

 

Pedoman Penilaian Keterampilan (Produk Catatan Estetik)

No

Aspek pengamatan

Skor

1

2

3

1.

Ketepatan menganalisis potensi alam dan budaya

 

 

 

2.

Ketepatan memberikan solusi/ cara melestarikan potensi alam dan budaya

 

 

 

3.

Kerapian dan keindahan menulis catatan estetik

 

 

 

4.

Ketepatan waktu pengumpulan tugas

 

 

 

5.

Sikap peserta didik dalam presentasi di depan kelas

 

 

 

 

Jumlah Skor Maksimal

15

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODUL AJAR KELAS VII PEMBIASAAN MELESTARIKAN LINGKUNGAN - KURIKULUM MERDEKA, PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI - BERMUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

MODUL AJAR KELAS VII BERKENALAN DENGAN ALAM - KURIKULUM MERDEKA, PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI - BERMUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

MODUL AJAR KELAS VII PEMBIASAAN DIRI DALAM KEBUTUHAN DAN KELANGKAAN - KURIKULUM MERDEKA, PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI - BERMUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA