MODUL AJAR KELAS VII BERKENALAN DENGAN ALAM - KURIKULUM MERDEKA, PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI - BERMUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA
MODUL AJAR
PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
SMP XXX
A. INFORMASI UMUM
Satuan Pendidikan :
SMP XXX
Penyusun :
Mata Pelajaran :
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
Fase/Kelas/Semester :
D/VII/1
Tahun Ajaran :
2022/2023
Elemen :
Pemahaman konsep dan Keterampilan proses
Alokasi Waktu :
2 JP (1 Pertemuan)
Lingkup Materi :
Berkenalan dengan Lingkungan/ Berkenalan dengan Alam
Kompetensi Awal :
Peserta didik mengetahui kebutuhan manusia, Dan salah satu alat pemenuh
kebutuhan manusia diperoleh dari lingkungan alam tempat tinggal kita.
Profil Pelajar Pancasila : Akhlak kepada alam, kolaborasi, memperoleh dan
memproses informasi dan gagasan
Sarana Prasarana :
Laptop/ komputer, proyektor, whiteboard, spidol, alat tulis
Target Peserta Didik :
Peserta didik regular (32 peserta didik)
Model Pembelajaran :
Pembelajaran tatap muka dengan metode Problem Based Learning
Capaian Pembelajaran :
Keberadaan Diri dan Keluarga di Tengah Lingkungan Sosial
B. KOMPONEN INTI
Tujuan
Pembelajaran
1.
Peserta didik
mampu membandingan persamaan dan perbedaan fenomena lingkungan sekitar sebagai
proses geografis
2.
Peserta didik
mampu memahami sejarah awal pembentukan bumi dan konsep interaksi manusia
dengan alam
Asesmen
1.
Asesmen diagnostik
2.
Asesmen formatif
-
Diskusi dan
presentasi
Pemahaman
Bermakna
Dengan berkenalan dengan alam
lingkungan sekitar tempat kita tinggal, peserta didik dapat memahami,
lingkungan sekitarnya dan cara memanfaatkannya dengan bijak dan juga
pelestarian lingkungan sekitar.
Pertanyaan
Pemantik
1. Coba rinci apa saja yang ada di lingkungan tempat tinggal kalian?
2. Bagaimana interaksi yang baik antara manusia dengan lingkungan alam?
Kegiatan
Pembelajaran
A. Pendahuluan |
10
menit |
||
1.
Guru dan peserta didik
menyampaikan salam dan berdoa. 2.
Guru melakukan presensi
kehadiran. 3.
Guru
memberikan apersepsi mengenai pembentukan permukaan bumi dan pencemaran
di muka bumi, melalui video/ gambar/ buku yang sesuai dengan kondisi tempat
tinggal dan sekolah, berkaitan dengan interaksi manusia dan lingkungan
sekitar. |
|||
Sumber Video |
Sumber Gambar |
Sumber Buku |
|
https://www.youtube.coc/watch?v=PmfMgAIr8HA |
Gambar: Pencemaran Air |
Buku IPS Kelas VII Kemendikbud RI 2021 |
|
4.
Guru
memberikan motivasi dan semangat kepada peserta didik tentang pentingnya
mengenal lingkungan alam tempat tinggal kita 5.
Guru
menyampaikan capaian pembelajaran serta kebermanfaatan bagi lingkungan
sekitar. 6.
Guru
menyampaikan evaluasi pembelajaran dengan teknik penilaian yang digunakan pada
pertemuan ini, yaitu berupa tes lisan, dan sikap selama proses pembelajaran 7.
Guru
membagi kelompok peserta didik. Masing-masing kelompok terdiri dari 4-5 orang
dan membagi lembar kerja aktivitas tentang “Berkenalan dengan Alam” |
|||
B. Kegiatan Inti |
100
menit |
||
Deferensiasi Konten/ Materi Peserta didik melihat tayangan video/ gambar/ membaca buku
tentang pembentukan permukaan
bumi dan pencemaran yang ada di bumi. Langkah-Langkah Problem Based Learning Orientasi
peserta didik pada masalah 1.
Guru
menjelaskan lembar kerja peserta didik 2. Peserta didik difasilitasi guru untuk mengaitkan
video/ gambar/ bacaan yang telah ditampilkan dengan merinci apa saja lingkungan
yang ada di sekitar peserta didik Mengorganisasi peserta didik untuk belajar 3.
Peserta
didik mengidentifikasi proses pembentukan bumi dan munculnya aktivitass
kehidupan di bumi, dan cara pelestarian bumi dari pencemaran (air, udara, dan
tanah) 4.
Masing-masing
kelompok menyelidiki informasi dari berbagai sumber yang tersedia untuk memperdalam
analisis mengenai: a.
Bagaimana
makhluk hidup dapat muncul di bumi? b.
Bagaimana
makhluk hidup dapat bertahan hidup? c.
Bagaimana
pencemaran (air, udara, tanah) dapat terjadi? d.
Bagaimana
cara melestarikan lingkungan tempat tinggal kita? Membimbing pengalaman individual/ kelompok 5.
Guru
mengawasi dan membimbing diskusi kelompok yang sedang berlangsung 6.
Peserta
didik mengelola temuan yang diperoleh dan mengembangkan idenya sebagai sumber
untuk menjawab rumusan masalah yang ada pada Lembar Kerja Peserta Didik Mengembangkan dan menyajikan hasil karya Deferensiasi Produk 7.
Peserta
didik melampirkan bukti pencemaran lingkungan yang terjadi di lingkungan
sekitar. Bukti pencemaran lingkungan bisa berupa video (file)/ foto lapangan
(print)/ maupun hasil wawancara dengan pihak yang berkaitan. 8.
Peserta
didik menuangkan informasi dari jawaban yang ada pada LKPD 9.
Peserta
didik secara berkelompok mempresentasikan hasil diskusi yang ada pada LKPD 10. Peserta didik melakukan tanya jawab untuk mengetahui
permasalahan yang ada masing-masing kelompok Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah 11. Peserta didik bersama guru menyimpulkan dan
mengevaluasi hasil diskusi peserta didik mengenai sejarah awal pembentukan
bumi, cara makhluk hidup bertahan hidup, serta permasalahan yang ada di
lingkungan sekitar tempat tinggal, serta cara pelestarian bumi |
|||
C. Penutup |
10
menit |
||
1. Peserta
didik dengan guru menyimpulkan
dengan penguatan terhadap hasil diskusi yang sudah disampaikan peserta didik. 2. Peserta
didik mengevaluasi pengalaman belajar yang telah dilakukan. 3. Tindak
lanjut dilakukan dengan mendorong peserta didik mempelajari lebih lanjut
dengan informasi pembelajaran berikutnya tentang Berkenalan dengan Masyarakat 4. Penutup
dan Doa |
|||
Refleksi Peserta
Didik dan Pendidik
- Peserta
didik mengevaluasi pengalaman belajar yang telah dilakukan, apa yang diketahui, masalah apa
yang muncul dan bagaimana upaya mengatasinya.
- Peserta
didik bersyukur atas keberadaan dirinya di lingkungan tempat tinggal
masing-masing
- Pendidik
merefleksi sejauh mana proses belajar mencapai tujuan, apakah semua peserta
didik terlibat dalam kegiatan diskusi,
apa yang bisa dilakukan untuk membuat peserta didik aktif.
C. Lampiran
LKPD
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : VII
/Gasal
Subtema : Berkenalan dengan Alam
Alokasi
Waktu : 80 menit / 1 x pertemuan
A. Tujuan
Pembelajaran
1.
Peserta didik
mampu membandingan persamaan dan perbedaan fenomena lingkungan sekitar sebagai
proses geografis
2.
Peserta didik
mampu memahami sejarah awal pembentukan bumi dan konsep interaksi manusia
dengan alam
B. Petunjuk
Belajar
1.
Perhatikan video/ gambar/ artikel
tentang pembentukan bumi dan pencemaran yang ada di bumi.
2.
Amatilah di lingkungan sekolah
maupun lingkungan sekitar tempat tinggal, adakah pencemaran lingkungan yang
terjadi?
Jika ada, pencemaran apa yang
terjadi (pencemaran air, tanah, atau udara)?
3.
Kemudian diskusikan dan tulis hasil diskusi
mengena:
No. |
Pertanyaan |
1. |
Bagaimana makhluk hidup dapat muncul di bumi? |
2. |
Bagaimana makhluk hidup dapat bertahan hidup? |
3. |
Bagaimana pencemaran (air/ tanah/ udara) dapat
terjadi di lingkungan kalian? |
4. |
Mengapa pencemaran tersebut dapat berbahaya bagi
masyarakat sekitar? |
5. |
Bagaimana cara kalian menjaga lingkungan alam
dari pencemaran? |
4.
Lampirkanlah bukti pencemaran yang
terjadi di lingkungan sekolah maupun lingkungan sekitar tempat tinggal. Bukti
pencemaran lingkungan bisa berupa video (file)/ foto lapangan (print)/ maupun
hasil wawancara dengan pihak yang berkaitan.
Pengayaan dan
Remidial
Pengayaan
Peserta didik yang sudah mampu memenuhi tujuan
pembelajaran, dapat memperdalam materi mengenai Global Warming
Remidial
Peserta didik yang sudah mampu memenuhi tujuan
pembelajaran, akan dibimbing untuk menganalisis permasalahan tentang lingkungan
sekolah maupun di sekitar tempat tinggal, dan cara melestarikannya.
Bahan bacaan
pendidik dan peserta didik
Buku Pegangan Guru
-
Buku Panduan Guru IPS Kemendikbud RI 2021
SMP Kelas VII
Buku Pegangan Peserta Didik
-
Buku Siswa IPS Kemendikbud RI 2021 SMP
Kelas VII
-
Internet
Glosarium
efek rumah kaca |
: |
kemampuan atmosfer untuk
mempertahankan suhu udara
panas yang nyaman dalam perubahan nilai yang kecil. |
Geologi |
: |
salah satu cabang ilmu kebumian yang mempelajari
tentang Bumi dan segala isi di dalamnya. |
global warming |
: |
(pemanasan global) suatu proses meningkatnya suhu rata-rata udara, atmosfer, laut, dan daratan bumi. |
Limbah |
: |
zat yang dihasilkan
dari suatu proses produksi, baik industri maupun domestik (rumah tangga). |
lingkungan |
: |
kombinasi antara
kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di
atas tanah maupun di dalam lautan, dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan
manusia. |
Polusi |
: |
(pencemaran),
pengotoran (tentang air, udara, dan sebagainya). |
praaksara |
: |
zaman
sebelum manusia mengenal tulisan. |
Daftar Pustaka
M Nursa’ban. dkk 2021. IPS Buku Siswa SMP Kelas VII.
Jakarta : Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik
Indonesia.
Semarang, Juli 2022
Mengetahui,
Kepala XXX Guru
mata pelajaran
XXXX XXXX
ASESMEN DIAGNOSTIK AWAL PEMBELAJARAN
Pertanyaan |
Apa yang ingin peserta didik ketahui mengenai
lingkungan sekitar? |
Cobalah rinci apa saja yang ada di lingkungan tempat
tinggal kalian? |
|
Apa yang kalian ketahui tentang lingkungan alam? |
|
Bagaimana interaksi atau hubungan yang baik antara
manusia dengan lingkungan alam? Coba ceritakan |
|
PEMETAAN KESIAPAN BELAJAR PESERTA DIDIK
Diferensiasi Konten (Peserta didik mempelajari materi melalui video/ gambar/ bacaan/
lainnya sesuai minat/ gaya belajar) |
AUDITORY |
KINESTETIK |
VISUAL |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kesiapan Belajar |
Siswa dengan
kesiapan belajar tinggi |
Siswa dengan
kesiapan belajar sedang |
Siswa dengan
kesiapan belajar rendah |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Sejumlah 6 dari 32 siswa telah memahami konsep berkenalan
dengan lingkungan dan dapat mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. |
Sejumlah 14 dari 32 siswa telah memahami konsep
berkenalan dengan lingkungan, namun masih perlu bantuan dalam
mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. |
Sejumlah 12 dari 32 siswa belum memahami konsep berkenalan
dengan lingkungan, maupun mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Diferensiasi Proses |
Peserta didik dengan kesiapan belajar tinggi bisa
belajar secara mandiri. |
Peserta didik dengan kesiapan belajar sedang bisa
mendapatkan bantuan guru maupun teman dengan kesiapan belajar tinggi |
Peserta didik dengan kesiapan belajar rendah
mendapatkan bantuan penh dari guru serta teman lain untuk memudahkan
pemahamannya. |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Diferensiasi Produk |
Peserta didik menghasilkan karya berupa video
(file)/ foto lapangan (print)/ maupun hasil wawancara dengan pihak yang
berkaitan dalam berbagai bentuk,
sesuai dengan kesukaan/ minat, dan yang menurut peserta didik mudah
dilakukan/ dikerjakan. |
PEDOMAN ASESMEN FORMATIF ( DISKUSI
DAN PRESENTASI)
A. MATERI
DISKUSI
No. |
Pertanyaan |
1. |
Bagaimana
makhluk hidup dapat muncul di bumi? |
2. |
Bagaimana
makhluk hidup dapat bertahan hidup? |
3. |
Bagaimana pencemaran (air/ tanah/ udara) dapat terjadi di lingkungan kalian? |
4. |
Mengapa pencemaran tersebut dapat berbahaya bagi masyarakat sekitar? |
5. |
Bagaimana cara kalian menjaga lingkungan alam dari pencemaran? |
B.
KISI-KISI MATERI DISKUSI
No. |
Indikator |
Bentuk
Soal |
Jumlah |
Level Soal |
1. |
Peserta
didik mampu membandingan persamaan dan perbedaan fenomena lingkungan sekitar
sebagai proses geografis |
Uraian |
2 |
L1 |
2. |
Peserta
didik mampu memahami sejarah awal pembentukan bumi dan konsep interaksi
manusia dengan alam |
Uraian |
3 |
L2 |
C. RUBRIK
ASESMEN FORMATIF
Asesmen
formatif dalam rubrik ini didapatkan dari berbagai kegiatan siswa selama proses
pembelajaran (Diskusi dan Presentasi).
No. |
Komponen |
Mulai Terlihat |
Sedang Terlihat |
Terlihat Sesuai
Harapan |
Terlihat Melampaui
Harapan |
1 |
Refleksi
awal |
Memahami
lingkungan sekitar alam dengan tidak
jelas |
Memahami
lingkungan sekitar alam dengan kurang
jelas |
Memahami
lingkungan sekitar alam dengan jelas |
Memahami
lingkungan sekitar alam dengan sangat jelas |
2 |
Refleksi
selama pembelajaran |
Siswa menuliskan apa yang mereka ketahui
tentang -
Bagaimana
makhluk hidup dapat muncul di bumi? -
Bagaimana
makhluk hidup dapat bertahan hidup? -
Bagaimana
pencemaran (air, udara, tanah) dapat terjadi? -
Bagaimana
cara melestarikan lingkungan tempat tinggal kita? Namun belum
mampu menemukan masalah nyata yang terjadi di lingkungan sekitar. |
Siswa menuliskan apa yang mereka ketahui
tentang -
Bagaimana
makhluk hidup dapat muncul di bumi? -
Bagaimana
makhluk hidup dapat bertahan hidup? -
Bagaimana
pencemaran (air, udara, tanah) dapat terjadi? -
Bagaimana
cara melestarikan lingkungan tempat tinggal kita? Namun
belum mampu menemukan solusi/ cara
melestarikan lingkungan dari masalah nyata yang terjadi di
lingkungan sekitar. |
Siswa menuliskan apa yang mereka ketahui
tentang -
Bagaimana
makhluk hidup dapat muncul di bumi? -
Bagaimana
makhluk hidup dapat bertahan hidup? -
Bagaimana
pencemaran (air, udara, tanah) dapat terjadi? -
Bagaimana
cara melestarikan lingkungan tempat tinggal kita? Namun sudah mampu
menemukan solusi/ cara melestarikan
lingkungan dari masalah nyata yang terjadi di lingkungan sekitar. |
Siswa menuliskan apa yang mereka ketahui
tentang -
Bagaimana
makhluk hidup dapat muncul di bumi? -
Bagaimana
makhluk hidup dapat bertahan hidup? -
Bagaimana
pencemaran (air, udara, tanah) dapat terjadi? -
Bagaimana
cara melestarikan lingkungan tempat tinggal kita? Sudah
mampu menemukan solusi/ cara
melestarikan lingkungan dari masalah nyata yang terjadi di lingkungan
sekitar, dan penerapan cara
memanfaatkan lingkungan dengan bijak. |
3 |
Mengajukan
pertanyaan (selama berdiskusi/ penyajian) |
Mengajukan
pertanyaan untuk klarifikasi. |
Mengajukan
pertanyaan untuk klarifikasi dan interpretasi informasi. |
Mengajukan
pertanyaan untuk klarifikasi dan interpretasi informasi, serta mencari tahu
penyebab dan konsekuensi dari informasi tersebut. |
Mengajukan
pertanyaan untuk klarifikasi dan interpretasi informasi, serta mencari tahu
penyebab dan konsekuensi dari informasi tersebut dan menganalisis
secara kritis permasalahan yang kompleks dan abstrak. |
4 |
Menghasilkan
gagasan yang orisinil (tidak ada sub-elemen) |
Menghubungkan
gagasan yang ia miliki dengan informasi atau gagasan baru. |
Menghubungkan
gagasan yang ia miliki dengan informasi atau gagasan baru untuk menghasilkan kombinasi
gagasan baru. |
Menghubungkan
gagasan yang ia miliki dengan informasi atau gagasan baru untuk menghasilkan
kombinasi gagasan baru dan imajinatif untuk mengekspresikan pikiran dan/atau
perasaannya. |
Menghubungkan
gagasan yang ia miliki dengan informasi atau gagasan baru untuk menghasilkan
kombinasi gagasan baru dan imajinatif untuk mengekspresikan pikiran dan/atau
perasaannya setelah melalui analisis yang kritis. |
5 |
Kompetensi
Sosial Emosional/ Pengelolaan
diri |
Tidak
bisa menerima ketika diberi saran maupun disanggah oleh kelompok lain, dilihat
dari penerimaan dan cara menjawab |
Kurang
bisa menerima ketika diberi saran maupun disanggah oleh kelompok lain, dilihat
dari penerimaan dan cara menjawab |
Dengan
senang hati menerima ketika diberi saran maupun disanggah oleh kelompok lain,
dilihat dari penerimaan dan cara menjawab |
Dengan
sangat senang hati menerima ketika diberi saran maupun disanggah oleh
kelompok lain, dilihat dari penerimaan dan cara menjawab |
Komentar
Posting Komentar