MODUL AJAR KELAS VII PEMBIASAAN MELESTARIKAN LINGKUNGAN - KURIKULUM MERDEKA, PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI - BERMUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

 

MODUL AJAR

PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

 

A.   INFORMASI UMUM

 

Satuan Pendidikan                 : SMP XXX

Penyusun                                : XXX

Mata Pelajaran                        : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)

Fase/Kelas/Semester               : D/VII/1

Tahun Ajaran                         : 2022/2023

Elemen                                   : Pemahaman konsep dan Keterampilan proses

Alokasi Waktu                       : 10 JP (5 Pertemuan)

Lingkup Materi                      : Pembiasaan Diri untuk Melestarikan Lingkungan

Kompetensi Awal                  : Peserta didik menyadari bahwa pelestarian lingkungan harus dilakukan untuk keberlangsungan kehidupan. Peserta didik mengetahui bahwa kehidupan di masa lalu diketahui berdasarkan peninggalan-peninggalan kebudayaannya.

Profil Pelajar Pancasila          : Akhlak kepada alam, akhlak kepada manusia, kolaborasi, memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, menghasilkan Tindakan dan karya yang orisinal

Sarana Prasarana                    : Laptop/ komputer, proyektor, whiteboard, spidol, alat tulis

Target Peserta Didik              : Peserta didik regular (32 peserta didik)

Model Pembelajaran               : Pembelajaran tatap muka

Capaian Pembelajaran            : Keberadaan Diri dan Keluarga di Tengah Lingkungan Sosial


 

 

B.    KOMPONEN INTI

Tujuan Pembelajaran                    

1.      Peserta didik mampu membandingkan persamaan dan perbedaan fenomena lingkungan sekitar sebagai proses geografis.

2.      Peserta didik mampu mengenal/ mengidentifikasi kehidupan masyarakat masa Praaksara pada aspek sosial-ekonomi

3.      Peserta didik mampu menganalisis asal muasal bangsa Indonesia dan persebaran bangsa Indonesia.

Asesmen

1.      Asesmen formatif

-   Poster/ gambar

-   Mading

-   Debat

Pemahaman Bermakna

Pelestarian lingkungan hidup merupakan upaya menjaga agar kondisi lingkungan hidup tetap terjaga dengan meningkatkan daya dukungnya. Upaya ini dimaksudkan untuk menjamin bahwa sumber daya alam yang ada dapat mendukung kehidupan makhluk hidup secara berkesinambungan.

Perkembangan alat-alat yang digunakan untuk membantu pekerjaan manusia selama bertahun-tahun mengalami perkembangan dan inovasi sesuai dengan kebutuhan pada zamannya dimulai dari masa praakasara sebelum manusia mengenal tulisan.

Kepulauan Indonesia saat ini dihuni oleh berbagai suku yang menurut para ahli dengan berbagai teori yang ada diketahui beberapa asal-usulnya.

Pertanyaan Pemantik

1.    Siapa yang suka menonton film fantasi dimana katanya bertahun-tahun yang akan datang bumi ini sudah tidak bisa ditinggali lagi oleh manusia, sehingga manusia berusaha mencari tempat tinggal yang baru?

Kira-kira apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi?

2.    Bangsa Indonesia terdiri dari ribuan suku bangsa, apakah berasal dari nenek moyang/ leluhur yang sama?

Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan-1

A.  Pendahuluan

10 menit

1.    Guru dan peserta didik menyampaikan salam dan berdoa.

2.    Guru melakukan presensi kehadiran.

3.    Guru memberikan apersepsi mengenai Pembiasaan diri untuk melestarikan lingkungan, melalui video/ gambar/ buku yang sesuai dengan kondisi tempat tinggal dan sekolah, berkaitan dengan Pembiasaaan Melestarikan Lingkungan.

Sumber Video

Sumber Gambar

Sumber Buku

https://www.youtube.com/watch?v=BbM610683RA

Buku IPS Kelas VII Kemendikbud RI 2021

 

4.    Guru memberikan motivasi dan semangat kepada peserta didik tentang pentingnya melestarikan lingkungan

5.    Guru menyampaikan capaian pembelajaran serta kebermanfaatan bagi lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami sebab dan akibat dari pencemaran udara, air dan tanah, sehingga dapat menambah wawasan mengenai pencemaran serta solusi yang ditawarkan untuk menanggulangi dan mencegah pencemaran.

6.    Guru menyampaikan evaluasi pembelajaran dengan teknik penilaian yang digunakan pada pertemuan ini, yaitu asesmen formatif (membuat poster/ gambar).

7.    Guru membagi kelompok peserta didik. Masing-masing kelompok terdiri dari 4-5 orang dan membagi lembar kerja aktivitas tentang “Pembiasaan Diri untuk Melestarikan Lingkungan”

B.  Kegiatan Inti

60 menit

Deferensiasi Konten/ Materi

Peserta didik melihat tayangan video/ gambar/ membaca buku tentang Pembiasaan diri untuk melestarikan lingkungan

Langkah-Langkah Problem Based Learning

Orientasi peserta didik pada masalah

1.    Guru menjelaskan lembar kerja peserta didik

2.    Peserta didik difasilitasi guru untuk mengaitkan video/ gambar/ bacaan yang telah ditampilkan dengan merinci apa saja lingkungan yang ada di sekitar peserta didik

Mengorganisasi peserta didik untuk belajar

3.    Peserta didik mengidentifikasi pencemaran dan pelestarian dari air, udara dan tanah

4.    Masing-masing kelompok mengumpulkan informasi dari praktek langsung di lingkungan sekitar sekolah.

Membimbing pengalaman individual/ kelompok

5.    Guru mengawasi dan membimbing diskusi kelompok yang sedang berlangsung

6.    Peserta didik mengelola informasi secara berkelompok di bawah bimbingan guru untuk menjawab lembar kerja yang telah diberikan

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

Deferensiasi Produk

7.    Peserta didik membuat poster/ gambar untuk presentasi dan laporan kepada guru. Peserta didik secara berkelompok mempresentasikan mengenai ide-idenya yang telah dituangkan dalam bentuk poster atau gambar serta melakukan interaksi tanya jawab untuk memperdalam ide-ide dari setiap kelompok.

8.    Peserta didik menuangkan informasi dari jawaban yang ada pada LKPD

9.    Peserta didik secara berkelompok mempresentasikan hasil diskusi yang ada pada LKPD

10.  Peserta didik melakukan tanya jawab untuk mengetahui permasalahan yang ada masing-masing kelompok.

Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

11.  Peserta didik bersama guru menyimpulkan dan mengevaluasi hasil diskusi peserta didik mengenai mengenai upaya pelestarian bumi yang ada di sekitar sekolah.

C.  Penutup

10 menit

1.    Peserta didik dengan guru menyimpulkan dengan penguatan terhadap hasil poster/gambar yang sudah disampaikan peserta didik.

2.    Peserta didik mengevaluasi pengalaman belajar yang telah dilakukan.

3.    Tindak lanjut dilakukan dengan mendorong peserta didik mempelajari lebih lanjut dengan informasi pembelajaran berikutnya tentang Mengenal Leluhur Bangsa Indonesia dan Pembiasaan Manusia Zaman Prasejarah

4.    Penutup dan Doa

Pertemuan-2 dan -3

A.    Pendahuluan

20 menit

1.    Guru dan peserta didik menyampaikan salam dan berdoa.

2.    Guru melakukan presensi kehadiran.

3.    Guru memberikan apersepsi tentang Mengenal Leluhur Bangsa Indonesia dan Pembiasaan Manusia Zaman Prasejarah, melalui video/ gambar/ buku yang sesuai dengan kondisi tempat tinggal dan sekolah.

Sumber Video

Sumber Gambar

Sumber Buku

https://www.youtube.com/watch?v=Fhb50wAdWJk


Buku IPS Kelas VII Kemendikbud RI 2021

 

 

4.    Guru memberikan motivasi dan semangat kepada peserta didik

5.    Guru menyampaikan capaian pembelajaran serta kebermanfaatan bagi lingkungan sekitar. Kebermanfaatan dalam materi ini adalah mampu memahami proses kehidupan manusia, sehingga dapat menambah wawasan mengenai pola hidup manusia zaman Praaksara untuk direfleksikan pada kehidupan zaman sekarang.

6.    Guru menyampaikan evaluasi pembelajaran dengan Teknik penilaian yang digunakan pada pertemuan ini, yaitu asesmen formatif (diskusi dan presentasi mading).

7.    Guru membagi kelompok peserta didik ke dalam 4 kelompok, dan membagi lembar kerja aktivitas tentang “Mengenal Leluhur Bangsa Indonesia dan Pembiasaan Manusia Zaman Prasejarah

B.  Kegiatan Inti

130 menit

Deferensiasi Konten/ Materi

1.    Peserta didik melihat tayangan video/ gambar/ membaca buku tentang Mengenal Leluhur Bangsa Indonesia dan Pembiasaan Manusia Zaman Prasejarah.

2.     Guru menjelaskan lembar kerja peserta didik sesuai pembagian kelompok (ada 4 kelompok)

3.      Peserta didik mengidentifikasi kehidupan zaman Praaksara di masa paleothikum, mesolithikum, neolithikum dan perundagian. Kelompok peserta didik menyelidiki informasi dari berbagai sumber yang tersedia seperti jurnal, buku, surat kabar, majalah, dan internet untuk memperdalam tema yang mereka bahas.

4.    Peserta didik melakukan diskusi dalam kelompok, Guru berkeliling pada setiap kelompok untuk memberikan dorongan agar semua anggota kelompok berpartisipasi aktif

5.    Peserta didik membuat majalah dinding dari media seperti papan atau kertas karton untuk presentasi dan laporan kepada guru.

6.    Peserta didik secara berkelompok mempresentasikan mengenai ide-idenya yang telah dituangkan dalam bentuk majalah dinding.

7.    Peserta didik melakukan interaksi tanya jawab untuk memperdalam ide-ide dari setiap kelompok dengan bimbingan guru

C.  Penutup

10 menit

1.      Guru memberikan kesempatan ke peserta didik untuk mengajukan pendapat atau pertanyaan.

2.      Guru mendorong peserta didik mempelajari lebih lanjut dengan informasi pembelajaran berikutnya tentang Diaspora Bangsa Indonesia

3.      Penutup dan Doa

Pertemuan-4 dan -5

A.  Pendahuluan

20 menit

1.      Guru dan peserta didik menyampaikan salam dan berdoa.

2.    Guru melakukan presensi kehadiran.

3.    Guru memberikan apersepsi tentang Diaspora bangsa Indonesia, melalui video/ gambar/ buku yang berkenaan dengan sejarah leluhur Indonesia.

Sumber Video

Sumber Gambar

Sumber Buku

https://www.youtube.com/watch?v=KCRtjJNywRY


Gambar Kapal Pinisi di Paotere, Makassar

Buku IPS Kelas VII Kemendikbud RI 2021

 

 

4.    Guru memberikan motivasi dan semangat kepada peserta didik

5.    Guru menyampaikan capaian pembelajaran serta kebermanfaatan bagi lingkungan sekitar. Kebermanfaatan dalam materi ini adalah mampu memahami proses asal muasal bangsa Indonesia dan persebaran bangsa Indonesia.

6.    Guru menyampaikan evaluasi pembelajaran dengan Teknik penilaian yang digunakan pada pertemuan ini, yaitu asesmen formatif (debat aktif)

7.    Guru membagi kelompok peserta didik ke dalam 4 kelompok, dan membagi lembar kerja aktivitas tentang “Asal Bangsa Indonesia dan Persebaran Bangsa Indonesia

B.  Kegiatan Inti

130 menit

Deferensiasi Konten/ Materi

1.    Peserta didik melihat tayangan video/ gambar/ membaca buku tentang Asal Bangsa Indonesia dan Persebaran Bangsa Indonesia.

2.      Guru menjelaskan lembar kerja peserta didik sebagai panduan dalam pembelajaran materi asal muasal leluhur bangsa Indonesia dan diaspora bangsa Indonesia. Metode yang digunakan pada pertemuan kali ini adalah debat aktif dengan pendekatan inkuiri sebagai inspirasi guru

3.      Peserta didik melakukan diskusi terlebih dahulu dalam kelompok sebelum debat aktif.

4.      Guru membagi kelompok pro dan kontra. Guru menunjuk moderator debat, notulen serta timer dari peserta didik.

5.      Perwakilan kelompok menyampaikan argumennya masing-masing, dan terbuka menerima masukan /kritik dari kelompok lainnya. Guru menjadi fasilitator agar debat berjalan dengan baik

C.  Penutup

10 menit

1.      Guru menyimpulkan hasil diskusi

2.      Guru memberikan kesempatan ke peserta didik untuk mengajukan pendapat atau pertanyaan.

3.      Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya tentang Pembiasaan diri dalam Kebutuhan dan Kelangkaan

4.      Penutup dan Doa

 

Refleksi Peserta Didik dan Pendidik

Peserta Didik

Pertemuan-1

Menggunakan teknik refleksi PNM (Plus, Negatif, Menarik), yaitu peserta didik menulis:

1) 2 hal yang baru yang ia pelajari (plus)

2) 2 hal yang belum ia mengerti (negatif)

3) 2 hal yang menarik yang dilakukan pada hari ini (menarik)

Pertemuan-2 dan -3

Refleksi dilakukan dengan menggunakan teknik 321, yaitu dengan menggunakan kata- kata sendiri, peserta didik menuliskan:

1) 3 hal yang mereka pelajari hari ini.

2) 2 hal yang dianggap menarik.

3) 1 pertanyaan yang mereka miliki tentang pembelajaran hari ini.

 

Pertemuan-4 dan -5

Peserta didik mengisi Google form mengenai aktivitas pembelajaran yang telah dilakukan hari ini dengan menjawab beberapa pertanyaan refleksi berikut :

1) Apakah pembelajaran hari menyenangkan?

2) Apakah pengetahuan yang kamu dapatkan dari pembelajran hari ini?

3) Inspirasi apa yang kamu dapatkan dari pembelajran hari ini?

4) Dari inspirasi tersebut apa yang ingin kamu wujudkan di masa depan?

 

Pendidik

Guru melakukan refleksi dari hasil refleksi siswa dan memperbaiki segala kekurangannya pada pertemuan selanjutnya, yang meliputi:

1. Apakah proses pembelajaran menghadapi kendala?

2. Bagaimana cara untuk mengatasi kendala tersebut pada pertemuan berikutnya?

3. Kejadian menarik apa yang terjadi?

4. Apakah Anda puas dengan kinerja Anda dalam proses pembelajaran?

5. Apa yang Anda lakukan untuk meningkatkan kinerja Anda di masa datang?


 

C.   Lampiran

LKPD

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

 

Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Kelas/Semester            : VII /Gasal

Subtema                      :  Pembiasaan Diri Melestarikan Sumber Daya

      

               Amati dan deskripsikan kerusakan lingkungan yang terjadi di sekitar kalian. Selanjutnya analisis faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan, berilah solusi dalam upaya pelestarian lingkungan hidup untuk menanggulangi kerusakan lingkungan tersebut. Temukan solusi yang tepat guna, yang sesuai dengan perkembangan zaman saat ini. Kalian dapat melakukan seperti dalam tabel berikut:

Hasil pengamatan kerusakan lingkungan di sekitar

Faktor-faktor penyebab kerusakan lingkungan

Upaya Pelestarian

Contoh Upaya yang Dilakukan

Upaya pelestarian sumber daya udara

 

Upaya pelestarian sumber daya air

 

Upaya pelestarian sumber daya tanah

 

 

Kemudian buatlah bentuk poster atau gambar mengenai upaya pelestarian sumber daya di sekitarmu.

Diskusikan dan presentasikan masing-masing kelompok hasil kerja kalian ke depan kelas.

 

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

 

Mata Pelajaran                        : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Kelas/Semester                        : VII /Gasal

Subtema                                  :  Pembiasaan Diri Manusia Zaman Praaksara

 

Isilah kolom berikut dengan tepat dengan teman sekolompok kalian.

 

 

No

Babakan zaman berdasarkan Arkeologis

 

Temuan Peninggalan Benda

 

Penjelasan Bentuk Benda

1

Paleolithikum

 

 

 

 

 

 

2

Mesolithikum

 

 

 

 

 

 

3

Neolithikum

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

Logam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kemudian buatlah majalah dinding dari media seperti papan atau kertas karton mengenai Pembagian Zaman Praaksara.

Diskusikan dan presentasikan masing-masing kelompok hasil kerja kalian ke depan kelas.

 

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

 

Mata Pelajaran                        : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Kelas/Semester                        : VII /Gasal

Subtema                                  :  Diaspora Bangsa Indonesia

 

No

Materi

Temuan Peninggalan Benda

1

Bukti Leluhur Bangsa Indonesia

Bagaimana asal-muasal leluhur bangsa

Indonesia?

Bagaimana pola persebaran leluhur bangsa

Indonesia?

Bagaimana kebenaran dari pendapat yang tersedia mengenai pola persebaran bangsa Indonesia?

2

Faktor-Faktor Diaspora Bangsa Indonesia

Bagaimana faktor-faktor bangsa Indonesia dapat

menyebar ke beberapa daerah di luar negeri?

Bagaimana karakteristik suku bugis yang dapat

berlayar ke daerah-daerah di luar negeri?

 

 

Kemudian diskusikan dalam kelompok materi tersebut, sebelum kegiatan debat aktif.

Guru membagi kelompok pro dan kontra.

Guru menunjuk moderator debat, notulen serta timer dari peserta didik.

Perwakilan kelompok menyampaikan argumennya masing-masing, dan terbuka menerima masukan /kritik dari kelompok lainnya.

Pengayaan dan Remidial

Pengayaan

Pertemuan-1

Peserta didik yang sudah mampu memenuhi tujuan pembelajaran, Peserta didik mencari artikel/ berita terkait pelestarian lingkungan dan membuat resumenya.

Pertemuan-2 dan -3

Peserta didik mengunjungi museum geologi secara virtual dan membuat laporan hasil kunjungan

Pertemuan-4 dan -5

Peserta didik menelusuri bukti-bukti persebaran bangsa Indonesia dan membuat kesimpulan

Remidial

1.   Pembelajaran ulang, dilakukan ketika sebagian besar peserta didik menunjukkan kesulitan dalam memahami konsep yang dipelajari. Pada saat remidial, guru mengubah metode pengajaran atau menggunakan media yang berbeda serta menyesuaikan tugas yang diberikan kepada peserta didik.

2.   Memberikan bimbingan di luar jam tatap muka bagi peserta didik yang mengalami kesulitan belajar tertentu

3.   Memberikan penugasan kepada peserta didik yang belum tuntas

 

Bahan bacaan pendidik dan peserta didik

Guru

-   Buku Panduan Guru IPS Kemendikbud RI 2021 SMP Kelas VII

Peserta Didik

-   Buku Siswa IPS Kemendikbud RI 2021 SMP Kelas VII

-   Internet

 

Glosarium

abris sous roche

:

kehidupan manusia purba yang tinggal di dalam gua

bioremediasi

:

penggunaan mikroorganisme untuk mengurangi polutan di lingkungan

Diaspora

:

angsa atau penduduk etnis manapun yang terpaksa atau terdorong untuk meninggalkan tanah air etnis tradisional mereka; penyebaran mereka di berbagai bagian lain dunia, dan perkembangan yang dihasilkan karena penyebaran dan budaya mereka

kjokenmoddinger

:

tumpukan sampah dapur berupa cangkang atau kulit siput dan kerang yang menggunung

organik

:

berkaitan dg zat yang berasal dari makhluk hidup (hewan atau tumbuhan, seperti minyak dan batu bara)

pinisi

:

perahu layar tradisional dari daerah Bone atau Buton, Sulawesi Selatan yang mempunyai dua tiang layar utama dan mempunyai tujuh buah layar, yaitu tiga di ujung depan, dua di depan, dan dua di belakang, digunakan untuk pengangkutan barang antarpulau

 

Daftar Pustaka

M Nursa’ban. dkk 2021. IPS Buku Siswa SMP Kelas VII. Jakarta : Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

                                                                                                     Semarang,   Juli 2022

 

        Mengetahui,

        Kepala SMP XXX                                                              Guru mata pelajaran

 

 

 

        XXX                                                                                    XXX                                      

 

 

 

Catatan :

__________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________


 

PEMETAAN KESIAPAN BELAJAR PESERTA DIDIK

Diferensiasi Konten

(Peserta didik mempelajari materi melalui video/ gambar/ bacaan/ lainnya sesuai minat/ gaya belajar)

AUDITORY

KINESTETIK

VISUAL

Arif Iksan Pratama

Arya Kamandanu

Bima Ragil W

Fitria Faya Dhanifa

Gibran Ramadhani

M Fikri Al Haikal W

Muhammad Najibuddin

Nasrudin Latief Hidayatullah

Raka Yasky Alfianto

Wirya Surya Pratama

 

Andhika Andrian N.

Ariska Rahma Putri

Gita Shangrila Nugrahaya

Putri Anastasya

Queena Latifah Aziza Kristiantika

Rafa Rahmani Putra

Safara Azhalia B.G.M

Virna Ayu Rahmadhani

Yasmine Choirunnisa

Alviano Arjun Pamungkas

Hamdeh

Surya Buana Putra

 

Geulis Adila Firza

Pebriyano Rafif Santoso

Adlina Aulia

Anesya Dani Safitri

Arva Elang Pratama

Chaca Nurisa

Dela Aprilia

Fahri Muhammad Satria

Fajar Tri Oktavian

Imelda Meiriska Zefara

Khayra Kafka Nur Annisa

Larasati Rayi Arisma

Putri Hanifa Aulia

Rafeyfa Chalisa Mecca

Revan Agus Setiawan

Salsa Azahra Apriliana

Syifa Aulia Tirta

 

Abelinda Intan Dwi Wijayanti

Adibya Windi R

Alviansyah Putra R

Brian Ragilda

Daffa Aqeela Raditya Putra

Ikhtiar Hadid Yudanta

Muhammad Rafi Zaidan Azzra

Najwa Syifa Nabilla

Nur Inayah

Panji Agni Asshiddiqie

Pezona Allycia

Putra Wahyu Oktaviano

Satriya Armendo Difana

Satriya Defa Pratama

Savitri Emi Khairunnisa

Syifa Rizki Aprilia

Valenstita Bilqis Keisa

Vanessa Virginia Putri

Yelena Arum

Kesiapan Belajar

Siswa dengan kesiapan belajar tinggi

Siswa dengan kesiapan belajar sedang

Siswa dengan kesiapan belajar rendah

Sejumlah 6 dari 32 siswa telah memahami konsep berkenalan dengan lingkungan dan dapat mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Sejumlah 14 dari 32 siswa telah memahami konsep berkenalan dengan lingkungan, namun masih perlu bantuan dalam mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Sejumlah 12 dari 32 siswa belum memahami konsep berkenalan dengan lingkungan, maupun mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Diferensiasi Proses

Peserta didik dengan kesiapan belajar tinggi bisa belajar secara mandiri.

Peserta didik dengan kesiapan belajar sedang bisa mendapatkan bantuan guru maupun teman dengan kesiapan belajar tinggi

Peserta didik dengan kesiapan belajar rendah mendapatkan bantuan penh dari guru serta teman lain untuk memudahkan pemahamannya.

Diferensiasi Produk

Peserta didik menghasilkan karya berupa poster/ gambar, sesuai dengan kesukaan/ minat, dan yang menurut peserta didik mudah dilakukan/ dikerjakan.

 

RUBRIK ASESMEN FORMATIF

Penilaian Poster/ Gambar dan Mading

No.

Pernyataan

Skor

1

2

3

4

1.

Kemampuan peserta didik dalam merencanakan

 

 

 

 

2.

Kemampuan membuat poster/ gambar dan Mading

 

 

 

 

3.

Kemampuan penyampaian poster/ gambar dan mading berdasarkan poster/ gambar dan mading yang dibuat

 

 

 

 

4.

Kemampuan mempresentasikan isi poster/ gambar dan mading

 

 

 

 

5.

Produk poster/ gambar dan mading

 

 

 

 

 

Skor Maksimum

15

Nilai                   Jumlah Skor    x 100

=

Skor Maksimum


 

 

Penilaian Presentasi

No.

Komponen

Mulai Terlihat

 

 

(1)

Sedang Terlihat

 

 

(2)

Terlihat Sesuai Harapan

 

(3)

Terlihat Melampaui Harapan

(4)

1

Refleksi awal

Memahami pembiasaan melestarikan lingkungan dengan tidak jelas

Memahami pembiasaan melestarikan lingkungan dengan kurang jelas

Memahami pembiasaan melestarikan lingkungan dengan jelas

Memahami pembiasaan melestarikan lingkungan dengan sangat jelas

2

Refleksi selama pembelajaran

Siswa menuliskan apa yang mereka ketahui tentang Pembagian Zaman Praaksara

Namun belum mampu memahami urutannya/ tahapannya

Siswa menuliskan apa yang mereka ketahui tentang

Pembagian Zaman Praaksara

Namun belum mampu memahami berbagai temuan peninggalan benda pada masanya

Siswa menuliskan apa yang mereka ketahui tentang

Pembagian Zaman Praaksara, memahami berbagai temuan peninggalan,

Namun belum mampu menjelaskan bentuk peninggalan benda prasejarah

Siswa menuliskan apa yang mereka ketahui tentang

Pembagian Zaman Praaksara, memahami berbagai temuan peninggalan, dan

Sudah mampu menjelaskan bentuk peninggalan benda prasejarah

3

Mengajukan pertanyaan (selama berdiskusi/ penyajian)

Mengajukan pertanyaan untuk klarifikasi.

Mengajukan pertanyaan untuk klarifikasi dan interpretasi informasi.

Mengajukan pertanyaan untuk klarifikasi dan interpretasi informasi, serta mencari tahu penyebab dan konsekuensi dari informasi tersebut.

Mengajukan pertanyaan untuk klarifikasi dan interpretasi informasi, serta mencari tahu penyebab dan konsekuensi dari informasi tersebut dan

menganalisis secara kritis permasalahan yang kompleks dan abstrak.

4

Menghasilkan gagasan yang orisinil (tidak ada sub-elemen)

Menghubungkan gagasan yang ia miliki dengan informasi atau gagasan baru.

Menghubungkan gagasan yang ia miliki dengan informasi atau gagasan baru untuk menghasilkan kombinasi gagasan baru.

Menghubungkan gagasan yang ia miliki dengan informasi atau gagasan baru untuk menghasilkan kombinasi gagasan baru dan imajinatif untuk mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya.

Menghubungkan gagasan yang ia miliki dengan informasi atau gagasan baru untuk menghasilkan kombinasi gagasan baru dan imajinatif untuk mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya setelah melalui analisis yang kritis.

5

Kompetensi Sosial Emosional/

Pengelolaan diri

Tidak bisa menerima ketika diberi saran maupun disanggah oleh kelompok lain, dilihat dari penerimaan dan cara menjawab

Kurang bisa menerima ketika diberi saran maupun disanggah oleh kelompok lain, dilihat dari penerimaan dan cara menjawab

Dengan senang hati menerima ketika diberi saran maupun disanggah oleh kelompok lain, dilihat dari penerimaan dan cara menjawab

Dengan sangat senang hati menerima ketika diberi saran maupun disanggah oleh kelompok lain, dilihat dari penerimaan dan cara menjawab

 

Pertemuan-4 dan -5 (Debat)

Rubrik Penilaian Praktik Debat Kelompok

 

 

No.

Nama Peserta Didik

Kemampuan presentasi Materi Debat

(1-4)

Kemampuan bertanya

(1-4)

Kemampuan menjawab

(1-4)

Menjaga tata tertib berdiskusi

(1-4)

 

Jumlah skor

1.

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

3.

Dst

 

 

 

 

 

 

Pedoman perskoran dan penentuan nilai:

Skor terentang antara 1 – 4, yaitu 1 = kurang, 2 = cukup, 3 = baik, 4 = amat baik.

Rumus nilai:

Nilai                  Jumlah Skor    x 100

=

4


 

No.

Aspek yang Dinilai

Skor

0

1

2

3

4

1.

Penyampaian materi debat dengan lugas

 

 

 

 

 

2.

Kemampuan berargumentasi

 

 

 

 

 

3.

Kemampuan menjawab pertanyaan

 

 

 

 

 

4.

Penguasaan materi

 

 

 

 

 

Jumlah

 

Skor Maksimum

16

 

Pedoman perskoran dan penentuan nilai:

Skor terentang antara 1 – 4, yaitu 1 = kurang, 2 = cukup, 3 = baik, 4 = amat baik.

Nilai                   Jumlah Skor    x 100

=

Skor Maksimum


Rumus nilai:

 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODUL AJAR KELAS VII BERKENALAN DENGAN ALAM - KURIKULUM MERDEKA, PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI - BERMUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

MODUL AJAR KELAS VII PEMBIASAAN DIRI DALAM KEBUTUHAN DAN KELANGKAAN - KURIKULUM MERDEKA, PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI - BERMUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA