Postingan

Media Pembelajaran Jamboard pada Materi Konflik

Gambar
  Jamboard merupakan salah satu aplikasi yang disediakan pihak google berupa papan tulis virtual  yang mudah diedit, dihapus, dan bisa dishare atau dibagikan kepada orang lain yang memiliki akses, yang bisa digunakan untuk bertukar ide/ gagasan secara langsung. Pada materi perkenalan mengenai Konflik, peserta didik diminta untuk memberikan berbagai macam contoh konflik yang ada di kehidupan sehari-hari. Dalam menuliskan contoh tersebut, peserta didik tentunya harus bisa menjelaskan apa yang dituliskannya di Jamboard. Jadi, setelah menulis contoh di Jamboard (contoh konflik dan identitas peserta didik), mereka diminta menjelaskan mengapa kasus/ contoh tersebut disebut konflik. Apabila ada peserta didik yang sudah lebih dahulu menuliskan contoh konflik yang sama/ mirip. Usahakan peserta didik lain, menggantinya dengan contoh lain. Hal ini dimaksudkan agar yang diketik di Jamboard berisi contoh yang beragam, dan menghindari copy-paste.  Dari pengenalan awal tersebut, apalagi didukung oleh

Visual Infografik, Media Pembelajaran IPS "Perlawanan Terhadap Kolonialisme dan Imperialisme"

Gambar
 Apa itu Visual infografik? Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Visual yaitu  dapat dilihat dengan indra penglihat (mata); berdasarkan penglihatan, sedangkan Infografik yaitu informasi yang disampaikan dalam bentuk grafik. Jadi, Visual Infografik adalah informasi yang disampaikan dalam bentuk grafik yang dapat dilihat, dengan tujuan untuk memudahkan seseorang memahami informasi. Visual infografik dibuat menarik dan jelas, untuk memudahkan seseorang mendapatkan informasi secara ringkas. Pada pembelajaran IPS kelas VIII pada materi Perlawanan terhadap Kolonialisme dan Imperialisme, peserta didik saya berikan penugasan untuk membuat visual infografik. 1. Pembagian Materi Peserta didik dibagi menjadi beberapa perlawanan sesuai presensi. Berikut pembagian tugasnya: * ABSEN 1 - 3 SULTAN BAABULLAH MENGUSIR PORTUGIS (Hal 217-219) *ABSEN 4 - 6 PERLAWANAN ACEH (Hal. 219) *ABSEN 7 - 9 AYAM JANTAN DARI TIMUR (Hal. 219) *ABSEN 10 - 12 SERANGAN MATARAM TERHADAP VOC ( 220-221) *ABSEN 13 - 15

Podcast Sejarah "Organisasi Pergerakan Nasional" sebagai Media Pembelajaran

Saya akan berbagi pengalaman saya dalam proses pembelajaran IPS kelas VIII semester Genap. Pada Materi Organisasi Pergerakan Nasional, saya menerapkan pembelajaran pada peserta didik dengan fokus penilaian keterampilan peserta didik. Saya, sebagai guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat Podcast. Podcast atau dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) disebut siniar  merupakan versi kekinian dari radio. Siniar menurut KBBI yaitu  siaran (berita, musik, dan sebagainya) yang dibuat dalam format digital (baik audio maupun video) yang diunduh melalui internet. Apa bedanya podcast dan radio? Podcast bisa direkam, diedit terlebih dahulu, dan memungkinkan untuk didengarkan/ ditonton berulang-ulang. Beda dengan radio yang merupakan siaran langsung. Sebelum membuat podcast, peserta didik harus menulis naskah yang nantinya akan dibacakan pada saat proses perekaman audio. Mengapa peserta didik harus menyusun naskah terlebih dahulu? Karena peserta didik harus menguasai materi yang

Media Pembelajaran Komik Sultan Hasanuddin "Ayam Jantan dari Timur"

Gambar
Perlawanan terhadap Kolonialisme dan Imperialisme, berisi materi tentang perlawanan di berbagai daerah seluruh Indonesia. Perlawanan berbagai daerah timbul atas reaksi masyarakat Indonesia terhadap perlakuan negara yang mendirikan kongsi dagang di Indonesia, seperti VOC (kongsi dagang milik Belanda), juga negara Portugis di beberapa daerah di Indonesia. Perlawanan yang terjadi di berbagai daerah, muncul dengan berbagai macam latar belakang, lalu proses perlawanan yang berlangsung, dan akhir dari perlawanan rakyat Indonesia menghadapi Kolonialisme dan imperialisme. Perlawanan yang masih bersifat kedaerahan  di beberapa daerah di Indonesia membuat perjuangan terhenti. Ada yang pemimpin di masing daerah ditangkap, sehingga membuat perlawanan berhenti. Dan juga keruntuhan kerajaan di Indonesia juga menjadi salah satu penyebab perlawanan berhenti. Perlawanan yang akan dibahas pada postingan kali ini tentang perlawanan Sultan Hasanuddin. Sultan Hasanuddin mendapat julukan "Ayam Jantan d

Faktor Pendorong dan Faktor Penghambat Mobilitas Sosial

Gambar
  Ayo Belajar! Faktor Pendorong dan Faktor Penghambat Mobilitas Sosial Di masyarakat, setiap individu atau kelompok mengalami mobilitas sosial yang berbeda-beda. Ada individu/ kelompok yang dengan cepat mengalami mobilitas sosial, namun ada yang kesulitan mengalami mobilitas sosial. Mengapa ada yang cepat namun ada yang lambat/ sulit mengalami mobilitas sosial? hal tersebut dikarenakan ada faktor yang mendorong, dan juga faktor yang menghambat mobilitas sosial. Apa saja faktor pendorong dan penghambat mobilitas sosial yang dimaksud? Yuk kita pelajari materi  pada link berikut : > Faktor Pendorong, Penghambat, Saluran Mobilitas Sosial, dan Dampak Mobilitas Sosial Setelah kita mempelajari materi tersebut, yuk kita simpulkan bersama-sama... 1. Faktor Pendorong terjadinya mobilitas sosial a. Faktor struktural -> berkaitan dengan kesempatan seseorang yntuk menempati sebuah kedudukan, serta kemudahan untuk memperolehnya b. Faktor individu -> berkaitan dengan perbedaan sikap, pengeta

Jenis Mobilitas Sosial

Gambar
Ayo Belajar! Jenis Mobilitas Sosial Mobilitas sosial adalah perpindahan posisi seseorang/ sekelompok orang dari lapisan status sosial yang satu ke status sosial yang lain. Ada dua macam bentuk mobilitas sosial, yaitu mobilitas sosial horisontal dan mobilitas sosial vertikal. Mobilitas sosial vertikal d ibagi lagi menjadi dua jenis yaitu: 1. Mobilitas sosial vertikal ke atas (social climbing) 2. Mobilitas sosial ke bawah (social sinking)  Agar lebih jelas, yuk kita lihat   materi berikut: >  Jenis Mobilitas Sosial Kita belajar jenis mobilitas sosial melalui tokoh pada gambar materi. Kira-kira termasuk jenis mobilitas yang mana ya?? Semangat belajar!