Visual Infografik, Media Pembelajaran IPS "Perlawanan Terhadap Kolonialisme dan Imperialisme"
Apa itu Visual infografik?
Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
Visual yaitu dapat dilihat dengan indra penglihat (mata); berdasarkan penglihatan, sedangkan
Infografik yaitu informasi yang disampaikan dalam bentuk grafik.
Jadi, Visual Infografik adalah informasi yang disampaikan dalam bentuk grafik yang dapat dilihat, dengan tujuan untuk memudahkan seseorang memahami informasi. Visual infografik dibuat menarik dan jelas, untuk memudahkan seseorang mendapatkan informasi secara ringkas.
Pada pembelajaran IPS kelas VIII pada materi Perlawanan terhadap Kolonialisme dan Imperialisme, peserta didik saya berikan penugasan untuk membuat visual infografik.
1. Pembagian Materi
Peserta didik dibagi menjadi beberapa perlawanan sesuai presensi. Berikut pembagian tugasnya:
*ABSEN 1 - 3 SULTAN BAABULLAH MENGUSIR PORTUGIS (Hal 217-219)
*ABSEN 4 - 6 PERLAWANAN ACEH (Hal. 219)
*ABSEN 7 - 9 AYAM JANTAN DARI TIMUR (Hal. 219)
*ABSEN 10 - 12 SERANGAN MATARAM TERHADAP VOC ( 220-221)
*ABSEN 13 - 15 PERANG SAPARUA DI AMBON (Hal 223)
*ABSEN 16 - 18 PERANG PADERI DI SUMATERA BARAT (Hal 223-224)
*ABSEN 19 - 21 PERANG DIPONEGORO (Hal 225-227)
*ABSEN 22 - 24 PERANG ACEH (Hal. 227-228)
*ABSEN 25 - 27 PERLAWANAN SISINGAMANGARAJA (Hal. 229)
*ABSEN 28 - 30 PERANG BANJAR (Hal. 229)
*ABSEN 31 - 32 PERANG JAGARAGA DI BALI (Hal. 230)
Dari pembagian tersebut, peserta didik membuat Visual Infografis. Isi atau materi masing-masing perlawanan, bersumber dari buku BSE IPS (https://bse.belajar.kemdikbud.go.id/). Selain dari Buku Sekolah Elektronik IPS, peserta didik dapat mencari sumber informasi lain yang relevan, baik dari internet, buku atau majalah, dll.
2. Mengedit gambar, peserta didik bisa memakai aplikasi edit foto yang tersedia di Playstore. Misalnya: Canva; Flyers, Poster Maker, Picsart, Design; Adobe Express; Desygner, maupun aplikasi lain yang mendukung untuk edit gambar dan teks.
Isi dari visual infografis juga bisa disertakan ilustrasi gambar perlawanan maupun tokoh pahlawan yang sesuai dengan materi yang didapat. Untuk menambah ilustrasi, peserta didik dapat download dari internet, dan disertakan sumber di bagian paling bawah visual infografis.
Walaupun membuat visual infografik tersebut hanya menggunakan hp dan aplikasi di playstore, namun kegiatan mengedit tersebut diperlukan kreativitas agar hasilnya menarik dan mudah dimengerti. Sehingga pemilihan informasi dan kosakata juga diperlukan pemilihan kalimat yang tepat. Hal tersebut dilakukan agar informasi yang disampaikan mudah dipahami.
Berikut contoh hasil visual infografik sederhana yang dibuat peserta didik. Menurut saya, pengalaman pertama peserta didik membuat visual infografik, hasilnya cukup memuaskan dan yang penting peserta didik sudah berusaha.
Komentar
Posting Komentar