Podcast Sejarah "Organisasi Pergerakan Nasional" sebagai Media Pembelajaran

Saya akan berbagi pengalaman saya dalam proses pembelajaran IPS kelas VIII semester Genap. Pada Materi Organisasi Pergerakan Nasional, saya menerapkan pembelajaran pada peserta didik dengan fokus penilaian keterampilan peserta didik.

Saya, sebagai guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat Podcast.
Podcast atau dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) disebut siniar merupakan versi kekinian dari radio.
Siniar menurut KBBI yaitu siaran (berita, musik, dan sebagainya) yang dibuat dalam format digital (baik audio maupun video) yang diunduh melalui internet.
Apa bedanya podcast dan radio?
Podcast bisa direkam, diedit terlebih dahulu, dan memungkinkan untuk didengarkan/ ditonton berulang-ulang. Beda dengan radio yang merupakan siaran langsung.

Sebelum membuat podcast, peserta didik harus menulis naskah yang nantinya akan dibacakan pada saat proses perekaman audio.
Mengapa peserta didik harus menyusun naskah terlebih dahulu? Karena peserta didik harus menguasai materi yang akan dibacakan secara runtut sesuai ketentuan.

Berikut proses tahapan yang harus dilakukan peserta didik:

1. Pahami tema yang diperoleh/ yang akan dibuat podcast.
    Misal, pada kesempatan ini, guru yang membagi masing-masing peserta didik berdasar tema. Ada   yang mendapat tentang Budi Utomo, Sarekat Islam, Indische Partij, PNI, dan Perhimpunan Indonesia.

2. Susun naskah sesuai tema

    a. Salam Pembukaan

    b. Perkenalan diri

    c. Apa materi/ pembahasan podcast yang akan disampaikan
    d. Isi podcast
    e. Pendapat pribadi tentang "Perjuangan pergerakan nasional Indonesia zaman dahulu"
    f. Dan pesan untuk generasi penerus bangsa
    g. Penutup dan salam

3. Persiapkan Backsound/ instrumen yang akan dijadikan pengisi ketika peserta didik bercerita.
    Pada kesempatan kali ini, saya menggunakan aplikasi SUPER SOUND. Di aplikasi tersebut, sudah terdapat instrumen lagu yang bisa ditambahkan menjadi backsound. Kita tinggal mengatur audio, agar suara hasil rekaman terdengar lebih jelas dibandingkan backsoundnya (bisa diatur persentase volumenya). Atau Backsound bisa browsing dan didownload terlebih dahulu. Selain memakai aplikasi SUPER SOUND, ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk edit audio/ video di hp, silakan bisa buka di Playstore.

4. Edit hasil rekam suara peserta didik dan ditambah backsound instrumen yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
    Suara peserta didik harus lebih keras/ jelas dibandingkan suara backsound.

5. Simpan dalam bentuk audio/ video. 
    Jika disimpan dalam bentuk video, bisa ditambahkan gambar hasil edit, atau gambar bergerak/ video hasil edit peserta didik.

Silakan dilihat link contoh hasil rekam podcast peserta didik berikut. Walaupun jauh dari sempurna, namun semangat belajar dan menghasilkan karya patut diapresiasi. 👏




Semoga bermanfaat,
Semangat belajar!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODUL AJAR KELAS VII PEMBIASAAN MELESTARIKAN LINGKUNGAN - KURIKULUM MERDEKA, PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI - BERMUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

MODUL AJAR KELAS VII BERKENALAN DENGAN ALAM - KURIKULUM MERDEKA, PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI - BERMUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

MODUL AJAR KELAS VII PEMBIASAAN DIRI DALAM KEBUTUHAN DAN KELANGKAAN - KURIKULUM MERDEKA, PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI - BERMUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA