Kehidupan Pada Masa Demokrasi Terpimpin

 


Pemerintahan zaman kabinet parlementer menjadikan jalannya roda pemerintahan tidak stabil, banyak pertentangan kepentingan antar partai dan golongan yang mengancam keutuhan NKRI. Dengan munculnya Dekrit Presiden 5 Juli 1959, bangsa Indonesia mulai  memasuki demokrasi Terpimpin, dan kembali ke UUD 1945. Dalam demokrasi terpimpin, presiden menjadi central kekuasaan yang menjadikan semua roda pemerintahan terpusat pada satu orang pemimpin tunggal.

Pelaksanaan demokrasi terpimpin menjadikan bangsa Indonesia mengarah pada kepentingan ideologi negara yang condong ke sosialis/ komunis. Hal ini karena di manfaatkan oleh tokoh-tokoh ideologi komunis untuk menanamkan pengaruh ideologinya sampai ke masyarakat luas. Praktik politik luar negeri bebas aktif di arahkan kepada politik konfrontasi untuk melawan bangsa asing yang mempunyai ideologi yang berbeda. Dengan semboyan nefo dan oldefo menjadikan bangsa Indonesia konfrontasi dengan Malaysia dan negara-negara liberal lain di dunia.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODUL AJAR KELAS VII PEMBIASAAN MELESTARIKAN LINGKUNGAN - KURIKULUM MERDEKA, PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI - BERMUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

MODUL AJAR KELAS VII BERKENALAN DENGAN ALAM - KURIKULUM MERDEKA, PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI - BERMUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

Modul Silsilah Keluarga - Kelas 7 Kurikulum Merdeka 2022, Modifikasi Modul Ajar (Aksi Nyata Perencanan Pembelajaran SMP)