SOAL DAN JAWABAN IPS PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2 / PTS GENAP KELAS 8 SMP

 

SOAL DAN JAWABAN IPS

PENILAIAN TENGAH SEMESTER GENAP

KELAS VIII SMP


1.

Daya tarik yang mendorong kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia adalah ....

A. kekayaan akan rempah-rempah
B. kemudahan rute penjelajahan
C. keindahan pemandangan alam
D. keragaman budaya masyarakat

2.

Masuk dan keluarnya kapal-kapal dagang ke perairan lndonesia melalui Selat Malaka berarti Malaka berfungsi sebagai….

A. Jalur pelayaran lndonesia ke Eropa

B. Pintu gerbang ke perairan lndonesia

C. Pelabuhan transit

D. Pelabuhan internasional

3.

Berikut adalah faktor penarik dan pendorong kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia, kecuali ....

A. rempah-rempah
B. semangat 3G
C. revolusi industri
D. Kerjasama

4.

Salah satu semangat 3G yang menjadi tujuan bangsa-bangsa Barat melakukan penjelajahan samudra adalah menyebarluaskan dan mengajarkan agama Nasrani. Semangat yang sesuai adalah ....

A. Glamour
B. Gold
C. Gospel
D. Glory

5.

Semboyan “Gold, Gospel, Glory” berakibat negatif bagi bangsa-bangsa Timur adalah….

A. menimbulkan perang antar negara di Asia

B. pelayaran dan perdagangan di Asia putus

C. terampasnya semua hasil kebudayaan Asia

D. menimbulkan penjajahan bangsa bangsa di Asia

6.

Produk rempah-rempah yang laku dipasaran Eropa adalah ….

A. Lada

B. Cabe

C. Kunir

D. Jahe

7.

Perhatikanlah peta berikut:



Rute kedatangan bangsa Portugis ke Indonesia berikut ini yang benar adalah ....

A. Benua Eropa - Pantai Barat Afrika - Tanjung Harapan - Malaka - Maluku
B. Benua Eropa - Samudera Atlantik - Benua Amerika - Samudera Pasifik - Maluku
C. Benua Eropa - Pantai Barat Afrika - Tanjung Harapan - Samudera Hindia - Selat Sunda - Banten
D. Benua Eropa - Tanjung Harapan - Samudera atlantik - Selat Sunda – Banten

8

Ekspedisi bangsa Belanda yang dipimpin Cornelis de Houtman pertama kali tiba di pelabuhan ....

A. Malaka
B. Sunda
C. Banten
D. Maluku

9

Tujuan dibentuknya VOC adalah ....

A. membuka hubungan kerjasama antar sesama pedagang bangsa Barat
B. untuk menjalin kerjasama dengan para pedagang pribumi
C. mengusir para pedagang asal Belanda lainnya yang baru masuk
D. mencegah terjadinya persaingan tidak sehat diantara para pedagang Belanda

10.

Nasib pedagang Asia setelah kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia adalah ....

A. perdagangan semakin menguntungkan karena bangsa Barat membeli dengan harga tinggi
B. kehidupan pedagang Asia terangkat dengan kedatangan bangsa-bangsa Barat
C. rantai perdagangan antara petani Indonesia dengan pedagang Asia terputus
D. terjalin hubungan kerjasama untuk menguasai perdagangan di Indonesia

11.

Penguasaan pasar yang dilakukan oleh satu atau beberapa perusahaan disebut ....

A. pasar bebas
B. kongsi dagang
C. monopoli
D. Oligopoli

12.

Pernyataan berikut yang menggambarkan praktik monopoli perdagangan VOC adalah ....

A. VOC tidak dapat menentukan sendiri harga beli hasil bumi rakyat
B. pedagang-pedagang lain diperbolehkan membeli hasil bumi
C. rakyat diberikan kebebasan menjual hasil bumi kepada siapapun
D. rakyat tidak diperbolehkan menjual hasil bumi selain kepada VOC

13.

Dampak monopoli dagang dan adu domba VOC terhadap rakyat Indonesia adalah ....

A. timbul rasa kecewa, benci, dan perlawanan di berbagai daerah
B. pedagang pribumi dapat menjual hasil bumi dengan harga mahal kepada VOC
C. raja-raja mendukung pelaksanaan monopoli perdagangan oleh VOC
D. perekonomian semakin membaik setelah VOC melakukan monopoli dagang

14.

Penyebab utama kebangkrutan VOC adalah ....

A. korupsi dan manajemen dalam perusahaan yang buruk
B. banyak mengalami kekalahan dalam perang melawan  kerajaan
C. posisi terjepit oleh persekutuan dagang asal Inggris (EIC)
D. rakyat Indonesia tidak ada lagi menjalin hubungan dagang

15.

Pengerahan paksa tenaga manusia dalam pembangunan sarana dan prasarana umum pada masa pemerintahan Hindia Belanda disebut ....

A. devide et impera
B. cultuur stelsel
C. landrent
D. rodi

16.

Pembangunan jalan raya pos Anyer-Panarukan sepanjang 1000 kilometer dipimpin oleh ....

A. Gubernur Jan Pieterszoon Coen
B. Gubernur Herman Willem Daendels
C. Gubernur Thomas Stamford Raffles
D. Gubernur Johannes Van Den Bosch

17.

Sistem sewa tanah (landrent-system) merupakan bentuk kebijakan pemerintah penjajahan ....

A. Portugis
B. Spanyol
C. Inggris
D. Belanda

18.

Pelaksanaan sistem sewa tanah mengalami kegagalan yang disebabkan karena terdapat banyaknya kelemahan. Berikut adalah kelemahan-kelemahan sistem sewa tanah, kecuali ....

A. sulit menentukan besar kecilnya pajak
B. masyarakat desa belum mengenal sistem uang
C. sulit mengelola lahan yang disewakan petani
D. sulit menentukan luas dan kesuburan tanah

19.

Latar belakang penerapan kebijakan tanam paksa oleh kolonial Belanda adalah ....

A. permintaan dari kerajaan sendiri untuk meningkatkan pendapatan nasional Belanda
B. menutupi kerugian dalam perang di Eropa dan perlawanan rakyat Indonesia
C. kegagalan pemerintahan Hindia Belanda mengumpulkan hasil rempah-rempah
D. memperbaiki kegagalan pada masa pemerintahan VOC

20.

Pelaksanaan tanam paksa menyebabkan penderitaan rakyat yang sangat berat dan mengerikan karena ....

A. rakyat diwajibkan menyerahkan 1/5 tanah pertanian milik mereka
B. rakyat yang tidak memiliki tanah melakukan kerja wajib 66 hari
C. tanah yang digunakan untuk tanaman wajib tetap dikenakan pajak
D. rakyat tidak dapat mengerjakan tanah pertanian untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri

21.

Disamping berdampak negatif yang sangat sulit ditanggung rakyat pelaksanaan tanam paksa juga memiliki dampak positif yaitu ....

A. rakyat tidak dibebankan pajak lagi
B. terjadi peningkatan kesuburan tanah pertanian
C. rakyat mengenal jenis tanaman kualitas ekspor
D. rakyat mendapat bagian hasil penjualan tanaman

22.

Yang tidak termasuk ketentuan Tanam Paksa adalah….

A. 1/5 tanah harus ditanami tanaman eksport

B. tanaman wajib tetap ditarik pajak

C. hasil garapan diserahkan pada pemerintah

D. kegagalan panen menjadi tanggungan pemerintah

23.

Salah satu peninggalan Daendels yang masih bisa dirasakan manfaatnya sampai sekarang adalah….

A. pabrik senjata di Semarang

B. sistem wajib militer

C. jalan pos Anyer dan Panarukan

D. sistem pajak tanah

24.

Kembalinya Gubenur Jenderal Daendels ke Belanda disebabkan karena….

A. Daendels menjual tanah Negara kepada pihak swasta asing

B. gagal mempertahankan Pulau Jawa dari lnggris

C. pemerintahannya mengalami defisit keuangan

D. masa jabatannnya sudah berakhir

25.

Yang melatarbelakangi upaya Sultan Baabullah mengusir Portugis dari Maluku adalah ....

A. Portugis menghalang-halangi perdagangan Banda dengan Tidore
B. terbunuhnya Sultan Hairun dalam perundingan dengan Portugis
C. Portugis mengadu domba kerajaan Ternate dan Tidore
D. Portugis menembaki jung-jung (perahu) dari Banda ke Tidore

26.

Alasan kegagalan Sultan Hasanuddin mengalahkan pasukan Belanda dalam perang Makasar adalah ....

A. Belanda mengadu domba kerajaan Gowa dengan kerajaan Bone
B. Pasukan Sultan Hasanuddin kehabisan bekal makanan
C. kurang matang dalam perhitungan medan pertempuran
D. pasukan Belanda lebih kuat dari pasukan Sultan Hasanuddin

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Bacaan untuk Soal no. 27-28

Pangeran Diponegoro, Inspirasi yang Menginspirasi

  

Sebagai sebuah karya, lukisan Diponegoro Memimpin Pertempuran ini terasa begitu heroik, sehingga menimbulkan semangat kebangsaan saat meresapinya. Gestur tubuh Pangeran Diponegoro dengan keris, sebuah senjata tradisional asli Indonesia yang terpampang di tubuh bagian depan Sang Pangeran menyiratkan suatu keyakinan, keteguhan, dan tujuan yang jelas dalam peperangan tersebut, yakni berani menentang dan dan mengenyahkan penjajahan yang dilakukan Belanda di Pulau Jawa (Indonesia). Cita-cita tersebut juga turut dipertegas dengan pakaian ulama berwarna putih bersih yang dikenakan Pangeran Diponegoro, yang menyimbolkan niat mulia dan hati yang bersih dalam memimpin perjuangan dalam pertempuran melawan Belanda.

Semangat perjuangan pun semakin dipertegas oleh Basoeki Abdullah dengan penggambaran latar belakang lukisan yang berupa kobaran api yang dapat diinterpretasi sebagai semangat perjuangan Pangeran Diponegoro yang tak pernah padam dalam melawan penjajah. Selain itu momen ketika Pangeran Diponegoro menaiki kuda yang berlari di tengah kobaran api juga dapat menunjukan keteguhan hati Sang Pangeran dalam perjuangan untuk mengusir penjajah, meskipun begitu banyak aral rintangan yang menghadang.

Lukisan Pangeran Diponegoro karya Basoeki Abdullah bukan hanya sekadar benda estetika belaka. Goresan tangan Basoeki Abdullah tersebut telah menginspirasi banyak pihak sehingga sampai detik ini kita dapat mengetahui sosok Pangeran Diponegoro dan meneruskan semangat perjuangannya melalui buku-buku sejarah, dan bahkan pada patungnya yang terletak di kawasan Monumen Nasional. Lebih dari pada itu, melalui lukisan ini Basoeki Abdullah menyampaikan semangat perjuangan yang tak akan pernah padam dalam berjuang demi kemerdekaan, hingga titik darah penghabisan. Nilai inilah yang sebenarnya merupakan harta warisan sesungguhnya dari lukisan tersebut, yang ingin dibagikan kepada seluruh generasi yang hingga kini menyaksikannya.

Sumber: https://kebudayaan.kemdikbud.go.id

27. Pahlawan perjuangan yang dilukis oleh Basoeki Abdullah ada pada gambar ....



28.

Nilai keteladanan dari Pangeran Diponegoro yang dapat kita pedomani sebagai bangsa dari para pejuang daerah ketika melawan penjajahan adalah ....

A. kegigihan dan pengorbanan
B. kekuatan dan kekuasaan
C. kejayaan dan kemuliaan
D. ketundukan dan pasrah diri

29.

Yang menjadi penyebab kegagalan perjuangan rakyat di berbagai daerah seperti Perang Makasar, Perang Banjar, Perang Padri, Perang Diponegoro, Perang Batak, Perang Jagaraga dan sebagainya dalam mengusir penjajah dari Indonesia adalah ....

A. tujuan berbeda-beda, bersifat kedaerahan, kalah peralatan
B. kalah peralatan, pemimpin tidak berpendidikan, semangat perjuangan melemah
C. terpaku pada satu pimpinan, mengandalkan kekuatan fisik, bersifat kedaerahan
D. komandan perang tidak berpengalaman, terpaku pada satu pemimpin, kalah peralatan

30.

 

 

 

 

 

 

 

 

Dampak kekuasaan Belanda dalam bidang ekonomi menimbulkan penderitaan rakyat, adalah salah satu akibat dari….

A. rakyat mengelola tanah pertanian

B. poilitik devide et impera

C. politik drainage

D. sistem perdagangan bebas

 

31.

Perhatikan gambar berikut ini!


 

  

 

 

 

 

 

 

 

Gambar tersebut adalah tokoh yang berhasil sampai di Tanjung Harapan, Afrika Selatan dalam melakukan penjelajahan samudera. Dia adalah ....

 

A.  Alfonso de Albuquerque

B.  Christoforus  Colombus

C.  Bartholomeuz Diaz

D.  Ferdinand Magelhaens

32.     Politik adu domba yang diterapkan pemerintah kolonial belanda di Indonesia terkenal dengan sebutan ....

A. politik berangus habis

B. Devide et Impera

C. Benteng stelsel

D. cultur stelsel

33.     Perhatikan gambar peta Eropa Barat berikut ini!


 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Negara yang dianggap pelopor kegiatan penjelajahan samudera ditunjukan pada angka ....

A.    1 dan 2

B.     2 dan 3

C.     3 dan 4

D.    4 dan 5

34.       Penguasa kasultanan Banten yang berhasil menawan Cornelis De Houtman adalah ....

A.    sultan Hasanudin

B.     sultan Ageng Tirtayasa

C.     Sultan Haji

D.    Fatahillah.

35.       Perhatikan gambar berikut ini:


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Kepulauan yang pertama kali disinggahi Columbus dalam melakukan penjelajahan samudera adalah ....

A.    Tanah Hijau

B.     Malvinas

C.     Bahama

D.    New Foundland

36.              Pemerintah kerajaan Belanda memberikan hak istimewa kepada  VOC di negeri jajahan, hak istimewa tersebut dikenal dengan istilah ....

A.  hak oktroi

B.  hak privillege

C.  hak imunitas

D.  hak spesial

37.              Guberur Jenderal Daendels tidak lama berkuasa di Indonesia,namun dia mewariskan infrastruktur di tanah Jawa yang sampai saat ini masih tetap dipergunakan,yaitu ....

A.  Pelabuhan Tanjung emas

B.  jalan raya Anyer - Panarukan

C.  pabrik gula

D.  pabrik galangan kapal

38.              Sistem ekonomi yang diterapkan oleh Raffles dan mengalami kegagalan terkenal dengan sebutan ….

A.  sistem rodi

B.  sistem repatriasi

C.  sistem sewa tanah

D.  sistem sewa lahan

39.              Pada tahun 1816 akhirnya Raffles harus meninggalkan Indonesia, alasannya adalah ....

A.  masa kerja Raffles telah habis

B.  Indonesia tidak lagi menarik bagi Inggris

C.  sering terjadi peperangan

D.  Inggris dan Belanda terikat oleh perjanjian London

40.              Karena kas negara Kosong akhirnya pemerintah Hindia Belanda menerapkan sebuah sistem yang dikenal dengan istilah Tanam Paksa. Istilah ini dicetuskan pada masa pemerintahan ....

A.  Van Den Bosch

B.  Ellout

C.  Pieter Both

D.  William Jansens

41.              Istilah Cultur procenten mulai mengemuka setelah aturan tanam paksa diterapkan di Indonesia. Arti dari cultur procenten sendiri adalah ....

A.  upah yang diberikan kepada penguasa pribumi berdasarkan besar kecilnya setoran

B.  penyewaan lahan pertanian oleh pemerintah hindia belanda dengan pemberian imbalan hadiah

C.  discount yang diberikan untuk petani dari pemerintah kolonial Belanda

D.  perjanjian sewa menyewa yang lamanya tidak bolej melebihi 1 tahun.

 

42.              Politik pintu terbuka artinya ....

A.  politik peperangan yang telah dipersiapkan oleh tentara - tentara belanda di Indonesia

B.  politik yang ada hubungannya dengan sewa menyewa lahan pertanian dengan menggunakan sistem kelas.

C.  politik yang memberikan kesempatan kepada pemodal asing untuk menanamkan usahanya di Indonesia

D.  politik stimulasi untuk para pemodal asing agar mau berinvesntasi di Indonesia

43.              Karena pemerintah kerajaan Belanda dianggap diberikan kemakmuran yang luar biasa besar oleh Indonesia.sehingga diusulkan adanya politik etis atau politik balas budi. tokoh pencetusnya adalah ….

A.  Van Der Cappellen

B.  Buykes

C.  Van Deventer

D.  Van Den Bosch

44.              Akibat diterapkannya politik etis di wilayah Hindia Belanda atau Indonesia adalah ....

A.  bangsa Indonesia semakin makmur

B.  muncul kesadaran untuk bersatu

C.  lahirnya golongan terpelajar akibat dibukanya sekolah - sekolah

D.  Bangsa Belanda semakin percaya kepada rakyat Indonesia

45.              Karena sistem Tanam paksa dianggap menyengsarakan rakyat Indonesia, lambat laun sistem tersebut diganti dengan ....

A.  sistem ekonomi baru

B.  sistem ekonomi liberal

C.  sistem tarik investasi

D.  sistem numerasi

 

 

KUNCI JAWABAN

NO.

KUNCI

1.

A

2.

B

3.

D

4.

C

5.

D

6.

A

7.

A

8.

C

9.

D

10.

C

11.

C

12.

D

13.

A

14.

A

15.

D

16.

B

17.

C

18.

C

19.

B

20.

D

21.

C

22.

B

23.

C

24.

A

25.

B

26.

A

27.

A

28.

A

29.

C

30.

D

31.

B

32.

B

33.

A

34.

B

35.

C

36.

A

37.

B

38.

C

39.

D

40.

A

41.

A

42.

C

43.

C

44.

C

45.

B

 

 ðŸ‘‰SOAL DAN JAWABAN IPS PTS GENAP KELAS VIII

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODUL AJAR KELAS VII PEMBIASAAN MELESTARIKAN LINGKUNGAN - KURIKULUM MERDEKA, PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI - BERMUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

MODUL AJAR KELAS VII BERKENALAN DENGAN ALAM - KURIKULUM MERDEKA, PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI - BERMUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

Modul Silsilah Keluarga - Kelas 7 Kurikulum Merdeka 2022, Modifikasi Modul Ajar (Aksi Nyata Perencanan Pembelajaran SMP)