RPP Penerapan Profil Pelajar Pancasila, Kelas 9 Materi Benua Asia - Aksi Nyata Integrasi PPP dalam Pembelajaran

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Sekolah             : XXX

Mata Pelajaran  : IPS

Kelas/Semester   :  IX (Sembilan)/ Gasal

Alokasi Waktu   : 4 x 40 menit (2 Pertemuan)

Materi Pokok   : Interaksi Antarnegara Asia dan Negara Lainnya

Sub Materi       : Benua Asia

 

KOMPETENSI  DASAR

3.1. Memahami perubahan keruangan dan interaksi antarruang negara-negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik.

4.1. Menyajikan telaah tentang perubahan keruangan dan interaksi antarruang negara-negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik.

     

TUJUAN PEMBELAJARAN

1.      Melalui tayangan video/ mengamati gambar/ membaca buku tentang benua Asia, peserta didik mampu menjelaskan letak dan luas benua Asia secara tepat dan mampu bernalar kritis, kreatif, dan bergotong royong. (Profil Pelajar Pancasila)

2.      Melalui tayangan video/ mengamati gambar/ membaca buku, peserta didik dapat membagi region wilayah Asia secara tepat dan mampu bernalar kritis, kreatif, dan bergotong royong. (Profil Pelajar Pancasila)

3.      Melalui tayangan video/ mengamati gambar/ membaca buku peserta didik secara berkelompok dapat membuat komik tentang benua Asia secara tepat dan mampu bernalar kritis, kreatif, dan bergotong royong. (Profil Pelajar Pancasila)

 

Tujuan Pembelajaran Inklusi:

1.      Melalui tayangan video/ mengamati gambar/ membaca buku tentang benua Asia, peserta didik mampu menjelaskan letak dan luas benua Asia secara tepat dan mampu bernalar kritis, kreatif, dan bergotong royong. (Profil Pelajar Pancasila)

2.      Melalui tayangan video/ mengamati gambar/ membaca buku, peserta didik dapat membagi region wilayah Asia secara tepat dan mampu bernalar kritis, kreatif, dan bergotong royong. (Profil Pelajar Pancasila)

3.      Melalui tayangan video/ mengamati gambar/ membaca buku, peserta didik secara berkelompok dapat membuat komik tentang benua Asia secara tepat dan mampu bernalar kritis, kreatif, dan bergotong royong. (Profil Pelajar Pancasila)

 

 

Metode/ Model:

·         Pembelajaran tatap muka

 

Media dan Alat

Ø Media                      : Aplikasi (COMICA), Google Earth

Ø Alat                          : Android, Komputer, LCD Projector, White board

Sumber Belajar

Ø Buku Paket IPS Kemendikbud RI Edisi Revisi 2018

Ø Internet

Sumber Teks

Sumber Gambar

Sumber Video

Buku Paket IPS Kemendikbud RI Edisi Revisi 2018

https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRZLhxHsjiASbxdIY6EClvtCKO09_tYCLhtnQ&usqp=CAU

Google Earth

https://www.youtube.com/watch?v=prAhALIkx0U

 

a. Pendahuluan (10 menit)

·     Peserta didik berdoa dan memberi salam

·     Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi (yel- yel/ice breaking)

·     Guru menanyakan sejumlah pertanyaan pemantik tentang benua Asia

·     Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

·     Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

 

b. Kegiatan Inti (60 menit)

Deferensiasi Konten/ Materi

·         Peserta didik membaca buku/ mengamati gambar/ melihat tayangan video tentang benua Asia.

·         Guru memfasilitasi melalui tayangan proyektor gambar, dan video yang ditampilkan tentang benua Asia

Critical Thinking and Problem Solving

·         Peserta didik mengidentifikasi hal – hal yang belum dipahami, dimulai pertanyan faktual sampai pertanyaan yang bersifat praduga, misal: tempat pariwisata yang diketahui ada di wilayah Asia, termasuk wilayah Asia bagian mana.

Collaboration

Peserta didik bersama guru melakukan tanya jawab/ diskusi membahas isi artikel/ gambar/ video tentang benua Asia

Deferensiasi Proses

·         Untuk peserta didik yang belum dapat memahami benua Asia dan letak wilayahnya dengan tepat, guru membimbing dan menjelaskan tentang benua Asia dan letak wilayahnya. Dilengkapi dengan sumber lain dengan membaca buku IPS.

·         Untuk peserta didik yang kurang dapat memahami benua Asia dan letak wilayahnya, guru meminta peserta didik guru meminta peserta didik bertanya dan berdiskusi kepada peserta didik yang sudah memahami benua Asia, dan untuk mencari dari sumber lain di internet.

·         Untuk peserta didik yang mudah memahami karakteristik benua Asia, peserta didik didorong untuk bisa menganalisis wilayah benua Asia.

Creativity thinking

·         Peserta didik menunjukkan pemahamannya tentang benua Asia dengan cara memperlihatkan atlas/ google earth

·         Peserta didik menuliskan negara- negara di Asia berdasarkan regionnya, serta ciri unik negara tersebut, misal: Ka’bah di Arab Saudi , dan seterusnya

Collaboration

·         Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok, terdiri dari 4 orang berdasarkan minat untuk memahami benua Asia dan wilayahnya

·         Peserta didik melakukan diskusi pada kelompok masing-masing. Setiap kelompok berdiskusi tentang:

1.      Isi materi yang akan dijadikan percakapan di komik

2.      Foto koleksi pribadi untuk diedit menjadi komik (jika tidak punya bisa foto terlebih dahulu)

3.      Edit foto dan percakapan (sesuai pembagian tugas di LKPD)

Communication

·         Kelompok menyajikan hasil diskusi mengenai masing-masing wilayah benua Asia

Kreativitas

·          Peserta didik secara individu diarahkan untuk membuat komentar dan tanggapan terkait benua Asia

c. Kegiatan Penutup (10 menit)

·     Guru melaksanakan umpan balik

·     Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya (tentang Benua Amerika)

·     Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam.

 

 

PENILAIAN

Penilaian Sikap                     : Observasi/Jurnal; penilaian diri

Penilaian Keterampilan        : Membuat Komik

 

 

Lampiran Penilaian

 

1. Penilaian sikap

Ø Jurnal Penilaian Sikap

No.

Hari/ Tanggal

Pertemuan Ke-

Materi Pokok

Nama Siswa

Catatan Perilaku

Tanda Tangan

Butir Sikap

Tindak Lanjut

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ø Penilaian Diri

 

Nama                    :

Kelas/Semester     : VIII/ Gasal

No

Pernyataan

Ya

Tidak

1

Saya selalu berdoa sebelum melakukan aktivitas.

2

Saya sholat lima waktu/beribadah tepat waktu.

3

Saya tidak mengganggu teman saya yang beragama lain berdoa sesuai agamanya

4

Saya berani mengakui kesalahan saya.

5

Saya menyelesaikan tugas-tugas tepat waktu.

6

Saya berani menerima resiko atas tindakan yang saya lakukan.

7

Saya mengembalikan barang yang saya pinjam.

8

Saya meminta maaf jika saya melakukan kesalahan.

9

Saya melakukan praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan.

10

Saya mengikuti kelas pembelajaran daring tepat waktu.

 

Petunjuk: Berilah tanda centang (√) pada kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya




 

2. Penilaian Keterampilan

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

 

Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Kelas/Semester            : IX /Ganjil

Subtema                      :  Benua Asia

Alokasi Waktu            : 160 menit / 2 x pertemuan

 

A.    Tujuan Pembelajaran

1.   Melalui tayangan video/ mengamati gambar/ membaca buku peserta didik secara berkelompok dapat membuat komik tentang benua Asia secara tepat

 

B.     Petunjuk Belajar

1.    Cermati contoh hasil dari pembuatan komik berikut

 

https://zona-ipsku.blogspot.com/2022/02/ayam-jantan-dari-timur.html

 

2.   Kerjakan sesuai langkah kegiatan pembelajaran berikut ini



C.    Langkah Kegiatan Pembelajaran

1.       Pelajari materi di buku paket IPS kelas 9 halaman 5-7 dan dari browsing internet.

2.       Buatlah komik dengan menggunakan aplikasi COMICA

3.       Berikut pembagian kelompok sesuai region wilayah di Benua Asia:

1.         Asia Timur

2.         Asia Tengah/ Utara

3.         Asia Tenggara

4.         Asia Barat

5.         Asia Selatan

4.       Carilah Informasi berikut untuk dijadikan bahan percakapan. Peserta didik dapat menambahkan informasi lainnya yang berhubungan dengan benua Asia

a.      Letak Wilayah masing-masing Kawasan (letak astronomis, geografis, geologis)

b.      Negara pada masing-masing kawasan

c.       Potensi alam

d.      Penduduk/ suku bangsa

e.       Wisata, dll

5.       Setelah merancang percakapan, kemudian edit dengan foto menggunakan aplikasi COMICA/ aplikasi sejenis. Ketentuan komik yang dibuat sebanyak 3 halaman komik disertai judul region/ wilayah benua Asia

6.       Presentasikan ke depan kelas proses dan hasil kerja komik tersebut


3.    Pedoman Penilaian Penugasan (LKPD)

 

a.      SOAL

Buatlah komik kawasan Benua Asia dengan menggunakan aplikasi COMICA sesuai pembagian kelompok wilayah/ region benua Asia.

 

b.      KISI-KISI SOAL

No.

Indikator

Bentuk Soal

1.

Peserta didik dapat peserta didik secara berkelompok dapat membuat komik tentang benua Asia secara tepat

 

Membuat Komik (Keterampilan)

 

4.    Pedoman Penilaian Keterampilan (Komik dan Presentasi)

 

No

Aspek pengamatan

Kriteria Penskoran

Tidak Sesuai

1

Kurang Sesuai

2

Sesuai

 

3

Sangat Sesuai

4

1.

Ketepatan waktu pengumpulan tugas

 

 

 

 

2.

Kesesuaian tema dengan isi

 

 

 

 

3.

Ketentuan minimal 4 halaman komik

 

 

 

 

4.

Keindahan

 

 

 

 

5.

Jelas isi dan percakapan (presentasi)

 

 

 

 

 

Jumlah Skor Maksimal

20

 

 

Nilai = (Jumlah Skor yang diperoleh/ Skor maksimal)/ 100

 


 

DOKUMENTASI KEGIATAN PEMBELAJARAN


UMPAN BALIK/ REFLEKSI PESERTA DIDIK


Umpan balik menggunakan media Jamboard

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODUL AJAR KELAS VII PEMBIASAAN MELESTARIKAN LINGKUNGAN - KURIKULUM MERDEKA, PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI - BERMUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

MODUL AJAR KELAS VII BERKENALAN DENGAN ALAM - KURIKULUM MERDEKA, PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI - BERMUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

MODUL AJAR KELAS VII PEMBIASAAN DIRI DALAM KEBUTUHAN DAN KELANGKAAN - KURIKULUM MERDEKA, PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI - BERMUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA