Modul Silsilah Keluarga - Kelas 7 Kurikulum Merdeka 2022, Modifikasi Modul Ajar (Aksi Nyata Perencanan Pembelajaran SMP)
CP
1
Keberadaan
Diri dan Keluarga di Tengah Lingkungan Sosial
Penyusun |
:
XXX |
||
Sekolah |
:
XXX |
||
Mata
Pelajaran |
:
IPS |
||
Kelas/
Semester |
:
VII/ Gasal |
||
Materi |
:
Silsilah keluarga |
||
Alokasi
Waktu |
:
3 JP |
||
Target
Peserta Didik |
:
Peserta didik regular |
||
DOMAIN
CAPAIAN PEMBELAJARAN Keberadaan
Diri dan Keluarga di Tengah Lingkungan Sosial |
|||
KOMPETENSI
AWAL - Peserta
didik mengetahui anggota keluarga inti dan kegiatan yang dilakukan Bersama
keluarga |
|||
KONSEP
UTAMA Silsilah
keluarga |
|||
TUJUAN
PEMBELAJARAN |
Profil
Pelajar Pancasila |
||
1.1 Setelah
mencari dan memahami informasi yang didapat dari keluarga, dokumentasi
pribadi, dan cerita keluarga, Peserta didik mampu memahami silsilah diri
dalam keluarga 1.2 Setelah
menggali informasi dan mengolah data keluarga, Peserta didik mampu membuat
gambar pohon keluarga inti dan keluarga besar dari pihak bapak dan ibu 1.3 Peserta
didik mampu menceritakan dan mempresentasikan hasil gambar pohon keluarga
kepada peserta didik lain |
Kreatif Mandiri |
||
Model Pembelajaran Ø Pembelajaran tatap muka Media dan Alat Ø Media : Aplikasi pohon keluarga, Kertas/kardus/ buku gambar Ø Alat : Android, Komputer,
LCD Projector, White board, Sumber Belajar Ø Buku Panduan Guru IPS
Kemendikbud RI 2021 SMP Kelas VII Ø Internet |
|||
Sumber Artikel |
Sumber Gambar |
Sumber Video |
|
|
https://cdn.pixabay.com/photo/2019/09/15/10/27/family-4477874_960_720.jpg |
https://www.youtube.com/watch?v=SVsEdZseq3o
|
|
PEMAHAMAN
BERMAKNA Dengan memepelajari materi keberadaan diri
dan keluarga peserta
didik dapat mengetahui dan memahami keluarga merupakan lingkungan pertama dan terdekat bagi sebagian besar
kehidupan kita. Keluarga menjadi tempat untuk tumbuh dan berkembang yang disertai dengan cinta dan kasih |
|||
PERTANYAAN
PEMANTIK -
Apa itu silsilah keluarga? -
Siapa saja yang ada dalam silsilah
keluarga? -
Di mana posisi saya dalam silsilah
tersebut? -
Sejauh mana interaksi dengan setiap
anggota? -
Adakah panggilan tertentu yang
diberikan kepada kalian dan anggota keluarga yang lain? |
|||
KEGIATAN
PEMBELAJARAN |
|||
Pertemuan
ke-1 |
|||
PERSIAPAN
PEMBELAJARAN ·
Menyiapkan video dan materi
keberadaan keluarga (silsilah keluarga) dari buku atau internet ·
Menyiapkan alat bantu dan media
pembelajaran ·
Menentukan metode pembelajaran:
ceramah bervariasi, diskusi, presentasi project |
|||
Pendahuluan |
10 menit |
||
1.
Guru dan peserta didik menyampaikan salam
dan berdoa. 2.
Guru melakukan presensi kehadiran. 3.
Apersepsi Guru menunjukan contoh artikel berita
silsilah keluarga/ foto keluarga
inti/ video tentang keluarga. Kemudian
guru melakukan tanya jawab kepada peserta didik berkaitan dengan silsilah keluarga, misalnya ap aitu
silsilah keluarga? Kegiatan/ aktivitas bersama yang dilakukan dengan anggota
keluarga? Peserta
didik difasilitasi guru untuk mengaitkan artikel/ foto/ video yang telah
ditampilkan dengan kegiatan belajar. 4.
Guru menginformasikan tujuan
pembelajaran yaitu mendeskripsikan sejarah asal usul
keluarga |
|||
Kegiatan
Inti |
100 menit |
||
1.
Guru mengajukan
pertanyaan: Dapatkah kalian membuat silsilah keluarga dengan bentuk pohon keluarga
menggunakan barang bekas? 2. Tahap Pemberian Tugas -
Sebelum pembelajaran, guru memberikan informasi apa saja
yang perlu dipersiapkan dan dibawa untuk pembelajaran Silsilah Keluarga -
Guru memberikan tugas dan membimbing peserta didik untuk mengerjakan tugas aktivitas individu (Lembar Aktivitas 1 Buku IPS) -
Guru memberikan contoh hasil Silsilah Keluarga untuk
memberikan gambaran kepada Peserta didik 3. Peserta didik melakukan kegiatan mengumpulkan data dengan cara
menggali informasi, berupa data /fakta. 4.
Peserta didik Mengolah data
/informasi dari hasil pengamatan dan pengumpulan data /sharing dengan
kelompok lain dengan cara berdiskusi untuk mengetahui cara membuat pohon
keluarga dari barang bekas. 5.
Peserta didik memverifikasi untuk
pembuktian hasil dari sumber dengan cara wawancara pada pihak keluarga atau
lingkungan terdekat 6. Peserta didik melakukan aksi dengan menyajikan hasil berupa produk
pohon keluarga 7. Peserta didik
mempresentasikan silsilah keluarga
mereka di depan kelas |
|||
Penutup |
10 menit |
||
1.
Peserta didik dengan guru membuat rangkuman dengan
penguatan terhadap apa yang sudah disampaikan peserta didik 2.
Perefleksian peserta didik, Peserta didik mengevaluasi
pengalaman belajar yang telah dilakukan, pada materi Silsilah Keluarga 3.
Tindak lanjut dilakukan dengan mendorong peserta didik
mempelajari lebih lanjut dengan informasi pembelajaran berikutnya tentang
keberadaan diri dan keluarga (Cita-Cita). 4.
Penutup dan Doa |
|||
ASSESMEN - Sikap - Penugasan - Keterampilan
(Produk dan Presentasi) |
|||
PENGAYAAN |
Bagi peserta didik yang sudah
mampu membuat silsilah
keluarga dengan membuat pohon keluarga, berlatih untuk presentasi lebih baik di depan kelas |
||
REMIDIAL |
Bagi
peserta didik yang belum mampu membuat pohon keluarga, akan dibimbing oleh tutor sebaya dan
guru. |
||
REFLEKSI |
Peserta didik Peserta didik mengevaluasi pengalaman belajar yang telah dilakukan, apa yang diketahui, masalah apa yang muncul
dan bagaimana upaya mengatasinya. Peserta
didik bersyukur atas keberadaan dirinya di tengah keluarga masing-masing Guru Sejauh mana proses belajar
mencapai tujuan, apakah
semua peserta didik
terlibat dalam kegiatan diskusi, apa yang bisa dilakukan untuk membuat peserta didik aktif |
||
LKPD
Panduan Lembar Kerja
No |
Pertanyaan |
Hasil Pencarian dan analisis Peserta didik |
1 |
Mengapa diperlukan silsilah keluarga? |
|
2 |
Dapatkah kalian
membuat silsilah keluarga menggunakan barang bekas? |
|
3 |
Dapatkah kalian menggali informasi tentang siapa saja kelurga kalian?
dan darimana berasal? serta di mana mereka tinggal? |
|
4 |
Sebagai pelajar nilai-nilai Pancasila apa saja yang dapat diteladani
setelah mengetahui dan memahami keberadaan keluargamu? |
|
5 |
Budaya apa saja yang dikembangkan di keluargamu? |
Rubrik Penilaian Produk "Silsilah Keluarga”
Aspek yang dinilai |
Penilaian |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
|
Tampilan |
Hasil kreasi tampilan kurang baik dan tidak rapi. Tidak menarik perhatian viewer |
Hasil kreasi tampilan dan kerapiannya kurang. Dan kurang menarik
perhatian viewer |
Hasil kreasi tampilan tepat, tetapi kurang rapi. Dapat menarik perhatian viewer. |
Hasil kreasi terlihat rapi dan tertata dengan tampilan yang tepat; dapat menarik perhatian Viewer |
Kelengkapan unsur-unsur yang harus ada pada silsilah keluarga |
Tidak lengkap |
Kurang lengkap |
Cukup lengkap |
Lengkap |
Kerapian |
Tidak rapi |
Kurang rapi dan belum tersistematis |
Cukup rapi dan tersistematis |
Rapi dan tersistematis |
Proporsional (tata letak) |
Belum proporsional |
Kurang proporsional |
Cukup proporsional |
Proporsional |
Kejelasan informasi pohon
keluarga |
Tidak jelas |
Kurang jelas |
Cukup jelas |
Sudah Jelas |
FORMAT PENILAIAN KINERJA DAN PRODUK
No |
Aspek Penilaian |
Skor |
Jumlah Skor |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
|||
1. |
Tampilan |
|
|
|
|
|
2. |
Kelangkapan |
|
|
|
|
|
3. |
Kerapian |
|
|
|
|
|
4. |
Proporsional |
|
|
|
|
|
5. |
Kejelasan |
|
|
|
|
|
|
Nilai = Jumlah Skor / Skor Maksimal x 100
DOKUMENTASI
KEGIATAN PEMBELAJARAN
UMPAN
BALIK/ REFLEKSI DARI PESERTA DIDIK
TERHADAP
PEMBELAJARAN ‘SILSILAH KELUARGA”
Komentar
Posting Komentar