Kurikulum Merdeka - Modifikasi ATP IPS Kelas 7 Fase D

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

 

Nama

: XXX

: XXX

: IPS

: D (Kelas VII)

Satuan Pendidikan

Mata Pelajaran

Fase

 

 

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN IPS FASE D

 

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu memahami dan memiliki kesadaran akan keberadaan diri dan keluarga serta lingkungan terdekatnya. Ia mampu menganalisis hubungan antara kondisi geografis daerah dengan karakteristik masyarakat serta memahami potensi sumber daya alam serta kaitannya dengan mitigasi kebencanaan. Ia juga mampu menganalisis hubungan antara keragaman kondisi geografis nusantara terhadap pembentukan kemajemukan budaya. Ia mampu memahami bagaimana masyarakat saling berupaya untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Ia mampu menganalisis peran pemerintah dan masyarakat dalam mendorong pertumbuhan perekonomian. Peserta didik juga mampu memahami dan memiliki kesadaran terhadap perubahan sosial yang sedang terjadi di era kontemporer. Ia dapat menganalisis perkembangan ekonomi di era digital. Peserta didik memahami tantangan pembangunan dan potensi Indonesia menjadi negara maju. Ia menyadari perannya sebagai bagian dari masyarakat Indonesia dan dunia di tengah isu-isu regional dan global yang sedang terjadi dan ikut memberikan kontribusi yang positif.

 

Peserta didik mampu memahami dan menerapkan materi pembelajaran melalui pendekatan keterampilan proses dalam belajarnya, yaitu mengamati, menanya dengan rumus 5W 1H. Kemudian mampu memperkirakan apa yang akan terjadi berdasarkan jawaban-jawaban yang ditemukan. Peserta didik juga mampu mengumpulkan informasi melalui studi pustaka, studi dokumen, lapangan, wawancara, observasi, kuesioner, dan teknik pengumpulan informasi lainnya. Merencanakan dan mengembangkan penyelidikan. Peserta didik mengorganisasikan informasi dengan memilih, mengolah dan menganalisis informasi yang diperoleh. Proses analisis informasi dilakukan dengan cara verifikasi, interpretasi, dan triangulasi informasi. Peserta didik menarik kesimpulan, menjawab, mengukur dan mendeskripsikan serta menjelaskan permasalahan yang ada dengan memenuhi prosedur dan tahapan yang ditetapkan. Peserta didik mengungkapkan seluruh hasil tahapan di atas secara lisan dan tulisan dalam bentuk media digital dan non-digital. Peserta didik lalu mengomunikasikan hasil temuannya dengan mempublikasikan hasil laporan dalam bentuk presentasi digital dan atau non digital, dan sebagainya. Selain itu peserta didik mampu mengevaluasi pengalaman belajar yang telah dilalui dan diharapkan dapat merencanakan proyek lanjutan dengan melibatkan lintas mata pelajaran secara kolaboratif.

CAPAIAN PEMBELAJARAN

1.    Keberadaan Diri dan Keluarga di Tengah Lingkungan Sosial

2.    Hubungan Antara Kondisi Geografis Daerah dengan Karakteristik Masyarakat

3.    Potensi Sumber Daya Alam Serta Kaitannya dengan Mitigasi Kebencanaan

4.    Aktivitas dalam Memenuhi Kebutuhan

TUJUAN PEMBELAJARAN

CP 1 Keberadaan Diri dan Keluarga di Tengah Lingkungan Sosial (18 JP)

 

 

PERTANYAAN PEMANTIK/ PEMBIMBING

-       Apa itu silsilah keluarga?

-       Siapa saja yang ada dalam silsilah keluarga?

-       Di mana posisi saya dalam silsilah tersebut?

-       Sejauh mana interaksi dengan setiap anggota?

-       Adakah panggilan tertentu yang diberikan kepada kalian dan anggota keluarga yang lain?

-       Bagaimana interaksi kalian dan keluarga terhadap masyarakat sekitar lingkungan?

-       Adakah lembaga sosial di sekitarmu? Apa saja lembaga sosial yang ada di lingkunganmu?

-       Cobalah amati perubahan apa yang terjadi akibat interaksi yang terjadi di masyarakat?

 

PEMAHAMAN BERMAKNA

Konten/ Materi/ Konsep Utama

Silsilah keluarga

Nilai dan norma masyarakat

Interaksi sosial

Lembaga sosial

Interaksi antar wilayah/ antarruang

 

Variasi

1.    Melakukan pengamatan di lingkungan keluarga dan lingkungan sekitar mengenai nilai, norma, perilaku sosial, tradisi lisan, serta ragam pekerjaan yang ada

2.    Melakukan sebuah kegiatan bersama baik dengan teman/ tetangga yang bersifat sosial kemanusiaan, sehingga semakin menyadarkan bahwa manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup tanpa orang lain (melakukan kegiatan secara online, misalnya mengadakan kegiatan tutor sebaya/ adik kelas, membuat permainan edukatif secara online) guna menciptakan pribadi yang kuat dan menghargai keberagaman dan kekayaan nasional 

TUJUAN PEMBELAJARAN

Alokasi Waktu

 

Profil Pelajar Pancasila

1.1      Setelah mencari dan memahami informasi yang didapat dari keluarga, dokumentasi pribadi, dan cerita keluarga, Peserta didik mampu memahami silsilah diri dalam keluarga

1.2      Setelah menggali informasi dan mengolah data keluarga, Peserta didik mampu membuat gambar pohon keluarga inti dan keluarga besar dari pihak bapak dan ibu

1.3      Peserta didik mampu menceritakan dan mempresentasikan hasil gambar pohon keluarga kepada peserta didik lain

 

4 JP

Kreatif

Bergotong royong

Bernalar kritis

Mandiri

1.4      Peserta didik mampu mengamati pihak-pihak yang ada di sekitarnya baik secara langsung ataupun melalui tayangan di media massa, menjelaskan siapa saja yang ada di sekitarnya.

1.5      Peserta didik mampu mengidentifikasi peran orang-orang di sekitar mereka

1.6      Peserta didik mampu menganalisis nilai dan  norma yang ada di masyarakat

1.7      Peserta didik mampu mempraktikan proses terjadinya interaksi sosial yang sesuai dengan nilai-nilai/norma yang diyakini dalam masyarakat melalui sebuah kegiatan bertamu di tetangga sekitarnya (atau bisa berinteraksi secara virtual baik dengan telepon/ video call) yang didokumentasikan dalam sebuah video kemudian mengkomunikasikannya kepada teman

4 JP

1.8      Peserta didik mampu merencanakan kemudian membuat sebuah kegiatan bersama baik dengan teman/ tetangga yang bersifat sosial kemanusiaan, sehingga semakin menyadarkan bahwa manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup tanpa orang lain (melakukan kegiatan secara online, misalnya mengadakan kegiatan tutor sebaya/ adik kelas, membuat permainan edukatif secara online)

1.9      Peserta didik mampu membuat cerita pengalaman saat mengunjungi sekolah, pasar, kantor pemerintah setempat, tempat ibadah dalam storyboard/ di selembar kertas, boleh dalam tulisan / cerita bergambar kemudian menyebutkan perannya masing-masing kemudian merefleksikan peran tersebut dalam kebidupannya yang dituangkan dalam daftar ceklis

4 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.10  Peserta didik mampu menjelaskan interaksi antar wilayah

1.11  Peserta didik mampu menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi antar wilayah

1.12  Peserta didik mampu mengidentifikasi perubahan yang terjadi akibat interaksi antar wilayah

1.13  Peserta didik mampu menguraikan proses sosialisasi di lingkungan keluarga dan masyarakat/ Lembaga sosial

1.14  Peserta didik mampu menganalisis pengaruh keluarga dan masyarakat terhadap pembentukan karakter dan gaya hidup

6 JP

 

GLOSARIUM

Gaya hidup

Interaksi

Karakter

Keluarga

Lembaga sosial

Lingkungan sosial

Nilai sosial

Norma

Silsilah

Wilayah

 

 

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

CP 2 Hubungan Antara Kondisi Geografis Daerah dengan Karakteristik Masyarakat (18 JP)

 

PERTANYAAN PEMANTIK/ PEMBIMBING

-       Pernahkah kalian berkunjung ke museum?

-       Bagaimana perbedaan kehidupan zaman dulu dengan sekarang? Adakah persamaannya?

-       Pernahkah kalian menjumpai aktivitas tertentu yang menurut kalian beerbeda dari daerah lain? Apa yang menyebabkan terjadi perbedaan aktivitas tersebut?

 

PEMAHAMAN BERMAKNA

Konsep Utama

Keberagaman

Suku bangsa

Zaman pra aksara

Perkembangan zaman Hindu-Buddha

Perkembangan zaman Islam

Karakteristik Masyarakat Indonesia

 

Variasi

1.    Memahami dan menganalisa kehidupan masa lalu dengan kehidupan masa kini, dan menemukan nilai-nilai dan benda yang menjadi peninggalan sejarah masa lalu yang masih berlaku hingga saat ini

TUJUAN PEMBELAJARAN

Alokasi Waktu

 

Profil Pelajar Pancasila

2.1      Peserta didik mengamati persebaran suku bangsa di Indonesia melalui berbagai sumber pembelajaran dan mengaitkannya dengan perkembangan praaksara yang berlaku di Indonesia dan sejarah dunia guna memunculkan rasa bangga atas kekayaan Indonesia melalui tukar pendapat dan presentasi hasil diskusi di kelas

2.2      Setelah melakukan kunjungan virtual ke museum, Peserta didik mampu menjelaskan ciri khas kehidupan manusia praaksara, sejarah dan membandingkannya dengan manusia modern zaman sekarang

2 JP

Kreatif

Bergotong royong

Bernalar kritis

Mandiri

2.3      Kehidupan Masyarakat pada Masa Hindu- Buddha

6 JP

 

2.4      Kehidupan Masyarakat pada Masa Islam

4 JP

 

2.5      Peserta didik membuat hubungan antara kehidupan masa lalu dengan kehidupan masa kini dan menemukan nilai-nilai dan benda-benda yang menjadi peninggalan sejarah masa lalu yang masih berlaku sampai masa kini yang dituangkan dalam peta konsep sekreatif mungkin

2.6      Peserta didik mampu menganalisis hubungan sebab-akibat antara kondisi geografis suatu daerah tertentu dengan karakteristik dan cara masyarakat tersebut beraktivitas

6 JP

 

GLOSARIUM

Budaya

Geografis

Karakteristik

Museum

Praaksara

Sejarah

Virtual

Zaman

TUJUAN PEMBELAJARAN

CP 3 Potensi Sumber Daya Alam Serta Kaitannya dengan Mitigasi Kebencanaan

(20 JP)

 

PERTANYAAN PEMANTIK/ PEMBIMBING

-       Apa yang kalian ketahui tentang atmosfer, geosfer, litosfer, dan hidrosfer?

-       Bagaimana kondisi wilayah Indonesia?

-       Menurut kalian, mengapa bencana alam yang terjadi di Indonesia?

-   Apakah di lingkungan sekitar kalian pernah terjadi bencana? Bencana apakah yang terjadi?

-       Bagaimana cara menangani bencana alam tersebut?

 

PEMAHAMAN BERMAKNA

Konsep Utama

Geosfer

Atmosfer

Hidrosfer

Litosfer

Potensi SDM

Mitigasi bencana

Variasi

1.    Menyusun kegiatan mitigasi bencana berupa visual infografik

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

Alokasi Waktu

 

Profil Pelajar Pancasila

3.1      Peserta didik mampu menganalisis letak dan luas wilayah Indonesia

3.2      Peserta didik mampu memahami lokasi Indonesia dengan negara lain melalui peta

4 JP

Kreatif

Bergotong royong

Bernalar kritis

Mandiri

3.3      Setelah mengamati fenomena geosfer, atmosfer, litosfer, dan hidrosfer yang ditemukan di lingkungan sekitar tempat tinggal, peserta didik secara berkelompok dan bergotong royong, mampu menerjemahkannya kedalam bentuk peta konsep/ mind map  atau power point sederhana

4 JP

 

3.4      Peserta didik mampu menganalisis potensi Sumber Daya Alam Indonesia

3.5      Peserta didik mampu menganalisis potensi kemaritiman Indonesia, Indonesia sebagai negara maritim

4 JP

 

3.6      Peserta didik mampu menjelaskan kondisi/ keadaan alam di Indonesia

3.7      Peserta didik mampu menganalisis keadaan fisik wilayah Indonesia

3.8      Peserta didik mampu menganalisis  keanekaragaman flora dan fauna Indonesia

2 JP

 

3.9      Peserta didik mampu menganalisis kondisi alam Indonesia terhadap terjadinya bencana alam yang terjadi di Indonesia

3.10  Peserta didik mampu mengidentifikasi berbagai macam jenis bencana

3.11  Peserta didik mampu memahami kegiatan mitigasi bencana

3.12  Peserta didik mampu menyusun kegiatan mitigasi bencana berupa visual infografik

6 JP

 

GLOSARIUM

Atmosfer

Bencana

Flora

Fauna

Geologis

Geosfer

Hidrosfer

Iklim

Litosfer

Maritim

Mitigasi

Peta

Visual infografik

 

 

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

CP 4 Aktivitas dalam Memenuhi Kebutuhan (20 JP)

 

PERTANYAAN PEMANTIK/ PEMBIMBING

1.       Dapatkah kalian menyebutkan kebutuhan kalian dari bangun tidur hingga tidur lagi? Coba kalian jelaskan!

2.       Apakah kalian memiliki keinginan/ sesuatu benda yang ingin kalian beli/ dapatkan?

3.       Apa usaha yang kalian lakukan untuk mendapatkan kebutuhan maupun keinginan tersebut?

4.       Pernahkah kalian ke pasar?

5.       Aktivitas apa saja yang terjadi di pasar?

6.       Coba kalian peragakan bagaimana aktivitas yang terjadi di pasar?

 

PEMAHAMAN BERMAKNA

Konsep Utama

Kebutuhan

Skala prioritas

Kegiatan ekonomi

Pasar

Permintaan

Penawaran

 

Variasi

1.     Merancang kegiatan ekonomi yang akan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan daftar skala prioritas dalam sebuah tabel rancangan upaya pemenuhan kebutuhan sehari-hari

2.     Memainkan peran kegiatan/ aktivitas yang terjadi di pasar

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

Alokasi Waktu

 

Profil Pelajar Pancasila

4.1      Setelah mengamati dirinya dari kegiatan yang dilakukan sehari-hari dari pagi hingga malam   hari, Peserta didik mampu membuat daftar kegiatan harian dalam memenuhi kebutuhan

4.2      Peserta didik mampu menganalisis jenis-jenis kebutuhan manusia

4.3      Peserta didik mampu menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan

4.4      Peserta didik mampu mengidentifikasi jenis-jenis alat pemuas kebutuhan manusia

4 JP

Kreatif

Bergotong royong

Bernalar kritis

Mandiri

4.5      Peserta didik mampu membandingkan kebutuhan masing-masing anggota keluarga dan faktor apa yang mempengaruhi kebutuhan tersebut

4.6      Peserta didik mampu menyusun skala prioritas kebutuhan disesuaikan dengan status dan perannya dalam kehidupan

4.7      Peserta didik mampu merancang kegiatan ekonomi yang akan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan daftar skala prioritas dalam sebuah tabel rancangan upaya pemenuhan kebutuhan sehari-hari

4.8      Peserta didik mampu menyusun kebutuhan dengan memperhatikan tindakan, motif, dan prinsip ekonomi

4.9      Peserta didik mampu mengaitkan konsep kebutuhan dan kelangkaan yang terjadi di lingkungan sekitar dengan tujuan untuk menemukan solusi konkret atas permasalahan kelangkaan seperti penghematan SDA, pencarian sumber daya, atau komoditas pengganti dan pengubahan system pengelolaan dalam bentuk pendapat tertulis yang akan disampaikan dalam diskusi kelas

6 JP

 

4.10  Peserta didik mampu memahami kegiatan pokok ekonomi yang terjadi di sekitar lingkungan

2 JP

 

4.11  Peserta didik mampu memahami pasar beserta fungsi dan kegiatan yang ada di pasar, yang berhubungan dengan Permintaan, Penawaran, dan Harga

4.12  Peserta didik mampu menganalisis faktor yang mempengaruhi permintaan

4.13  Peserta didik mampu memahami jenis permintaan

4.14  Peserta didik mampu menganalisis kurva permintaan

4.15  Peserta didik mampu menganalisis faktor yang mempengaruhi penawaran

4.16  Peserta didik mampu menganalisis kurva penawaran

6 JP

 

4.17  Peserta didik mampu menganalisis peran ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) dalam kegiatan ekonomi

4.18  Peserta didik mampu menganalisis peran kreativitas dan kewirausahaan dalam membangun ekonomi

4.19  Peserta didik mampu menganalisis hubungan antara kelangkaan dengan permintaan dan penawaran untuk kesejahteraan dan persatuan bangsa Indonesia

2 JP

 

GLOSARIUM

Distribusi

Harga

Kebutuhan

Kelangkaan

Kewirausahaan

Konsumsi

Kreativitas

Pasar

Penawaran

Permintaan

Produksi

Skala prioritas

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODUL AJAR KELAS VII PEMBIASAAN MELESTARIKAN LINGKUNGAN - KURIKULUM MERDEKA, PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI - BERMUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

MODUL AJAR KELAS VII BERKENALAN DENGAN ALAM - KURIKULUM MERDEKA, PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI - BERMUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

MODUL AJAR KELAS VII PEMBIASAAN DIRI DALAM KEBUTUHAN DAN KELANGKAAN - KURIKULUM MERDEKA, PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI - BERMUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA