Kurikulum Merdeka - Modifikasi ATP IPS Kelas 7 Fase D
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
Nama |
: XXX : XXX : IPS : D (Kelas VII) |
|||
Satuan Pendidikan |
||||
Mata Pelajaran |
||||
Fase |
||||
|
|
|
||
CAPAIAN
PEMBELAJARAN IPS FASE D
Pada
akhir fase ini, peserta didik mampu memahami dan memiliki kesadaran akan
keberadaan diri dan keluarga serta lingkungan terdekatnya. Ia mampu
menganalisis hubungan antara kondisi geografis daerah dengan karakteristik
masyarakat serta memahami potensi sumber daya alam serta kaitannya dengan
mitigasi kebencanaan. Ia juga mampu menganalisis hubungan antara keragaman
kondisi geografis nusantara terhadap pembentukan kemajemukan budaya. Ia mampu
memahami bagaimana masyarakat saling berupaya untuk dapat memenuhi kebutuhan
hidupnya. Ia mampu menganalisis peran pemerintah dan masyarakat dalam
mendorong pertumbuhan perekonomian. Peserta didik juga mampu memahami dan
memiliki kesadaran terhadap perubahan sosial yang sedang terjadi di era
kontemporer. Ia dapat menganalisis perkembangan ekonomi di era digital.
Peserta didik memahami tantangan pembangunan dan potensi Indonesia menjadi
negara maju. Ia menyadari perannya sebagai bagian dari masyarakat Indonesia
dan dunia di tengah isu-isu regional dan global yang sedang terjadi dan ikut
memberikan kontribusi yang positif.
Peserta
didik mampu memahami dan menerapkan materi pembelajaran melalui pendekatan
keterampilan proses dalam belajarnya, yaitu mengamati, menanya dengan rumus
5W 1H. Kemudian mampu memperkirakan apa yang akan terjadi berdasarkan
jawaban-jawaban yang ditemukan. Peserta didik juga mampu mengumpulkan
informasi melalui studi pustaka, studi dokumen, lapangan, wawancara,
observasi, kuesioner, dan teknik pengumpulan informasi lainnya. Merencanakan
dan mengembangkan penyelidikan. Peserta didik mengorganisasikan informasi
dengan memilih, mengolah dan menganalisis informasi yang diperoleh. Proses
analisis informasi dilakukan dengan cara verifikasi, interpretasi, dan
triangulasi informasi. Peserta didik menarik kesimpulan, menjawab, mengukur
dan mendeskripsikan serta menjelaskan permasalahan yang ada dengan memenuhi
prosedur dan tahapan yang ditetapkan. Peserta didik mengungkapkan seluruh
hasil tahapan di atas secara lisan dan tulisan dalam bentuk media digital dan
non-digital. Peserta didik lalu mengomunikasikan hasil temuannya dengan
mempublikasikan hasil laporan dalam bentuk presentasi digital dan atau non
digital, dan sebagainya. Selain itu peserta didik mampu mengevaluasi
pengalaman belajar yang telah dilalui dan diharapkan dapat merencanakan
proyek lanjutan dengan melibatkan lintas mata pelajaran secara kolaboratif. |
||||
CAPAIAN
PEMBELAJARAN 1. Keberadaan
Diri dan Keluarga di Tengah Lingkungan Sosial 2. Hubungan
Antara Kondisi Geografis Daerah dengan Karakteristik Masyarakat 3. Potensi
Sumber Daya Alam Serta Kaitannya dengan Mitigasi Kebencanaan 4. Aktivitas
dalam Memenuhi Kebutuhan |
||||
TUJUAN PEMBELAJARAN CP 1 Keberadaan Diri dan Keluarga di
Tengah Lingkungan Sosial (18 JP)
|
||||
PERTANYAAN
PEMANTIK/ PEMBIMBING - Apa itu silsilah keluarga? - Siapa saja yang ada dalam silsilah
keluarga? - Di mana posisi saya dalam
silsilah tersebut? - Sejauh mana interaksi dengan
setiap anggota? - Adakah panggilan tertentu yang
diberikan kepada kalian dan anggota keluarga yang lain? - Bagaimana interaksi kalian dan
keluarga terhadap masyarakat sekitar lingkungan? - Adakah lembaga sosial di
sekitarmu? Apa saja lembaga sosial yang ada di lingkunganmu? -
Cobalah
amati perubahan apa yang terjadi akibat interaksi yang terjadi di masyarakat?
PEMAHAMAN
BERMAKNA Konten/ Materi/
Konsep Utama Silsilah keluarga Nilai dan norma
masyarakat Interaksi sosial Lembaga sosial Interaksi antar
wilayah/ antarruang
Variasi 1.
Melakukan
pengamatan di lingkungan keluarga dan lingkungan sekitar mengenai nilai,
norma, perilaku sosial, tradisi lisan, serta ragam pekerjaan yang ada 2. Melakukan sebuah kegiatan bersama baik dengan teman/ tetangga yang bersifat sosial kemanusiaan, sehingga semakin menyadarkan bahwa manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup tanpa orang lain (melakukan kegiatan secara online, misalnya mengadakan kegiatan tutor sebaya/ adik kelas, membuat permainan edukatif secara online) guna menciptakan pribadi yang kuat dan menghargai keberagaman dan kekayaan nasional |
||||
TUJUAN PEMBELAJARAN |
Alokasi Waktu
|
Profil Pelajar Pancasila |
||
1.1
Setelah
mencari dan memahami informasi yang didapat dari keluarga, dokumentasi
pribadi, dan cerita keluarga, Peserta didik mampu memahami silsilah diri
dalam keluarga 1.2
Setelah
menggali informasi dan mengolah data keluarga, Peserta didik mampu membuat
gambar pohon keluarga inti dan keluarga besar dari pihak bapak dan ibu 1.3
Peserta
didik mampu menceritakan dan mempresentasikan hasil gambar pohon keluarga
kepada peserta didik lain
|
4 JP |
Kreatif Bergotong royong Bernalar kritis Mandiri |
||
1.4
Peserta
didik mampu mengamati pihak-pihak yang ada di sekitarnya baik secara langsung
ataupun melalui tayangan di media massa, menjelaskan siapa saja yang ada di
sekitarnya. 1.5
Peserta
didik mampu mengidentifikasi peran orang-orang di sekitar mereka 1.6
Peserta
didik mampu menganalisis nilai dan
norma yang ada di masyarakat 1.7
Peserta
didik mampu mempraktikan proses terjadinya interaksi sosial yang sesuai
dengan nilai-nilai/norma yang diyakini dalam masyarakat melalui sebuah
kegiatan bertamu di tetangga sekitarnya (atau bisa berinteraksi secara
virtual baik dengan telepon/ video call) yang didokumentasikan dalam sebuah
video kemudian mengkomunikasikannya kepada teman |
4 JP |
|||
1.8
Peserta
didik mampu merencanakan kemudian membuat sebuah kegiatan bersama baik dengan
teman/ tetangga yang bersifat sosial kemanusiaan, sehingga semakin
menyadarkan bahwa manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup
tanpa orang lain (melakukan kegiatan secara online, misalnya mengadakan
kegiatan tutor sebaya/ adik kelas, membuat permainan edukatif secara online) 1.9
Peserta
didik mampu membuat cerita pengalaman saat mengunjungi sekolah, pasar, kantor
pemerintah setempat, tempat ibadah dalam storyboard/ di selembar kertas,
boleh dalam tulisan / cerita bergambar kemudian menyebutkan perannya masing-masing
kemudian merefleksikan peran tersebut dalam kebidupannya yang dituangkan
dalam daftar ceklis |
4 JP
|
|||
1.10
Peserta
didik mampu menjelaskan interaksi antar wilayah 1.11
Peserta
didik mampu menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi antar
wilayah 1.12
Peserta
didik mampu mengidentifikasi perubahan yang terjadi akibat interaksi antar
wilayah 1.13
Peserta
didik mampu menguraikan proses sosialisasi di lingkungan keluarga dan
masyarakat/ Lembaga sosial 1.14
Peserta
didik mampu menganalisis pengaruh keluarga dan masyarakat terhadap
pembentukan karakter dan gaya hidup |
6 JP |
|
||
GLOSARIUM Gaya hidup Interaksi Karakter Keluarga Lembaga sosial Lingkungan sosial Nilai sosial Norma Silsilah Wilayah
|
|
|
||
TUJUAN PEMBELAJARAN CP 2 Hubungan Antara Kondisi Geografis
Daerah dengan Karakteristik Masyarakat (18 JP)
|
||||
PERTANYAAN
PEMANTIK/ PEMBIMBING - Pernahkah kalian berkunjung ke
museum? - Bagaimana perbedaan kehidupan
zaman dulu dengan sekarang? Adakah persamaannya? - Pernahkah kalian menjumpai
aktivitas tertentu yang menurut kalian beerbeda dari daerah lain? Apa yang
menyebabkan terjadi perbedaan aktivitas tersebut?
PEMAHAMAN
BERMAKNA Konsep Utama Keberagaman Suku bangsa Zaman pra aksara Perkembangan zaman
Hindu-Buddha Perkembangan zaman
Islam Karakteristik
Masyarakat Indonesia
Variasi 1.
Memahami
dan menganalisa kehidupan masa lalu dengan kehidupan masa kini, dan menemukan
nilai-nilai dan benda yang menjadi peninggalan sejarah masa lalu yang masih
berlaku hingga saat ini |
||||
TUJUAN PEMBELAJARAN |
Alokasi Waktu
|
Profil Pelajar Pancasila |
||
2.1
Peserta
didik mengamati persebaran suku bangsa di Indonesia melalui berbagai sumber
pembelajaran dan mengaitkannya dengan perkembangan praaksara yang berlaku di
Indonesia dan sejarah dunia guna memunculkan rasa bangga atas kekayaan
Indonesia melalui tukar pendapat dan presentasi hasil diskusi di kelas 2.2
Setelah
melakukan kunjungan virtual ke museum, Peserta didik mampu menjelaskan ciri
khas kehidupan manusia praaksara, sejarah dan membandingkannya dengan manusia
modern zaman sekarang |
2 JP |
Kreatif Bergotong royong Bernalar kritis Mandiri |
||
2.3
Kehidupan
Masyarakat pada Masa Hindu- Buddha |
6 JP |
|
||
2.4
Kehidupan
Masyarakat pada Masa Islam |
4 JP |
|
||
2.5
Peserta
didik membuat hubungan antara kehidupan masa lalu dengan kehidupan masa kini
dan menemukan nilai-nilai dan benda-benda yang menjadi peninggalan sejarah
masa lalu yang masih berlaku sampai masa kini yang dituangkan dalam peta
konsep sekreatif mungkin 2.6
Peserta
didik mampu menganalisis hubungan sebab-akibat antara kondisi geografis suatu
daerah tertentu dengan karakteristik dan cara masyarakat tersebut
beraktivitas |
6 JP |
|
||
GLOSARIUM Budaya Geografis Karakteristik Museum Praaksara Sejarah Virtual Zaman |
||||
TUJUAN PEMBELAJARAN CP 3 Potensi Sumber Daya Alam Serta
Kaitannya dengan Mitigasi Kebencanaan (20
JP)
|
||||
PERTANYAAN
PEMANTIK/ PEMBIMBING - Apa yang kalian ketahui tentang
atmosfer, geosfer, litosfer, dan hidrosfer? - Bagaimana kondisi wilayah
Indonesia? - Menurut kalian, mengapa bencana
alam yang terjadi di Indonesia? - Apakah di lingkungan sekitar
kalian pernah terjadi bencana? Bencana apakah yang terjadi? - Bagaimana cara menangani bencana
alam tersebut?
PEMAHAMAN
BERMAKNA Konsep Utama Geosfer Atmosfer Hidrosfer Litosfer Potensi SDM Mitigasi bencana Variasi 1.
Menyusun
kegiatan mitigasi bencana berupa visual infografik
|
||||
TUJUAN PEMBELAJARAN |
Alokasi Waktu
|
Profil Pelajar Pancasila |
||
3.1
Peserta
didik mampu menganalisis letak dan luas wilayah Indonesia 3.2
Peserta
didik mampu memahami lokasi Indonesia dengan negara lain melalui peta |
4 JP |
Kreatif Bergotong royong Bernalar kritis Mandiri |
||
3.3
Setelah
mengamati fenomena geosfer, atmosfer, litosfer, dan hidrosfer yang ditemukan
di lingkungan sekitar tempat tinggal, peserta didik secara berkelompok dan
bergotong royong, mampu menerjemahkannya kedalam bentuk peta konsep/ mind
map atau power point sederhana |
4 JP |
|
||
3.4
Peserta
didik mampu menganalisis potensi Sumber Daya Alam Indonesia 3.5
Peserta
didik mampu menganalisis potensi kemaritiman Indonesia, Indonesia sebagai
negara maritim |
4 JP |
|
||
3.6
Peserta
didik mampu menjelaskan kondisi/ keadaan alam di Indonesia 3.7
Peserta
didik mampu menganalisis keadaan fisik wilayah Indonesia 3.8
Peserta
didik mampu menganalisis keanekaragaman flora dan fauna Indonesia |
2 JP |
|
||
3.9
Peserta
didik mampu menganalisis kondisi alam Indonesia terhadap terjadinya bencana
alam yang terjadi di Indonesia 3.10
Peserta
didik mampu mengidentifikasi berbagai macam jenis bencana 3.11
Peserta
didik mampu memahami kegiatan mitigasi bencana 3.12
Peserta
didik mampu menyusun kegiatan mitigasi bencana berupa visual infografik |
6 JP |
|
||
GLOSARIUM Atmosfer Bencana Flora Fauna Geologis Geosfer Hidrosfer Iklim Litosfer Maritim Mitigasi Peta Visual infografik
|
|
|
||
TUJUAN PEMBELAJARAN CP 4 Aktivitas dalam Memenuhi Kebutuhan (20 JP)
|
||||
PERTANYAAN
PEMANTIK/ PEMBIMBING 1. Dapatkah kalian menyebutkan
kebutuhan kalian dari bangun tidur hingga tidur lagi? Coba kalian jelaskan! 2. Apakah kalian memiliki keinginan/
sesuatu benda yang ingin kalian beli/ dapatkan? 3. Apa usaha yang kalian lakukan
untuk mendapatkan kebutuhan maupun keinginan tersebut? 4. Pernahkah kalian ke pasar? 5. Aktivitas apa saja yang terjadi
di pasar? 6. Coba kalian peragakan bagaimana
aktivitas yang terjadi di pasar?
PEMAHAMAN
BERMAKNA Konsep Utama Kebutuhan Skala prioritas Kegiatan ekonomi Pasar Permintaan Penawaran
Variasi 1.
Merancang
kegiatan ekonomi yang akan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan
daftar skala prioritas dalam sebuah tabel rancangan upaya pemenuhan kebutuhan
sehari-hari 2.
Memainkan
peran kegiatan/ aktivitas yang terjadi di pasar
|
||||
TUJUAN PEMBELAJARAN |
Alokasi Waktu
|
Profil Pelajar Pancasila |
||
4.1
Setelah
mengamati dirinya dari kegiatan yang dilakukan sehari-hari dari pagi hingga
malam hari, Peserta didik mampu
membuat daftar kegiatan harian dalam memenuhi kebutuhan 4.2
Peserta
didik mampu menganalisis jenis-jenis kebutuhan manusia 4.3
Peserta
didik mampu menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan 4.4
Peserta
didik mampu mengidentifikasi jenis-jenis alat pemuas kebutuhan manusia |
4 JP |
Kreatif Bergotong royong Bernalar kritis Mandiri |
||
4.5
Peserta
didik mampu membandingkan kebutuhan masing-masing anggota keluarga dan faktor
apa yang mempengaruhi kebutuhan tersebut 4.6
Peserta
didik mampu menyusun skala prioritas kebutuhan disesuaikan dengan status dan
perannya dalam kehidupan 4.7
Peserta
didik mampu merancang kegiatan ekonomi yang akan dilakukan untuk memenuhi
kebutuhan tersebut dengan daftar skala prioritas dalam sebuah tabel rancangan
upaya pemenuhan kebutuhan sehari-hari 4.8
Peserta
didik mampu menyusun kebutuhan dengan memperhatikan tindakan, motif, dan
prinsip ekonomi 4.9
Peserta
didik mampu mengaitkan konsep kebutuhan dan kelangkaan yang terjadi di
lingkungan sekitar dengan tujuan untuk menemukan solusi konkret atas
permasalahan kelangkaan seperti penghematan SDA, pencarian sumber daya, atau
komoditas pengganti dan pengubahan system pengelolaan dalam bentuk pendapat
tertulis yang akan disampaikan dalam diskusi kelas |
6 JP |
|
||
4.10
Peserta
didik mampu memahami kegiatan pokok ekonomi yang terjadi di sekitar
lingkungan |
2 JP |
|
||
4.11
Peserta
didik mampu memahami pasar beserta fungsi dan kegiatan yang ada di pasar, yang
berhubungan dengan Permintaan, Penawaran, dan Harga 4.12
Peserta
didik mampu menganalisis faktor yang mempengaruhi permintaan 4.13
Peserta
didik mampu memahami jenis permintaan 4.14
Peserta
didik mampu menganalisis kurva permintaan 4.15
Peserta
didik mampu menganalisis faktor yang mempengaruhi penawaran 4.16
Peserta
didik mampu menganalisis kurva penawaran |
6 JP |
|
||
4.17
Peserta
didik mampu menganalisis peran ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) dalam
kegiatan ekonomi 4.18
Peserta
didik mampu menganalisis peran kreativitas dan kewirausahaan dalam membangun
ekonomi 4.19
Peserta
didik mampu menganalisis hubungan antara kelangkaan dengan permintaan dan
penawaran untuk kesejahteraan dan persatuan bangsa Indonesia |
2 JP |
|
||
GLOSARIUM Distribusi Harga Kebutuhan Kelangkaan Kewirausahaan Konsumsi Kreativitas Pasar Penawaran Permintaan Produksi Skala prioritas |
||||
Komentar
Posting Komentar